Pengertian Dan Kegunaan Distinct pada MySQL

Kegunaan Distinct Pada MySQL – Dalam kolom tabel di database terkadang banyak mengandung data-data duplikat dan terkadang kita hanya menginginkan daftar data yang berbeda. Sebagai contoh saat sebuah tabel memiliki kolom dengan nama Kota dan data yang berada dalam kolom tersebut adalah Purbalingga, Cilacap dan Purwokerto yang masing-masing memiliki lebih dari satu data (duplikat), namun kita hanya menginginkan satu data saja yang tampil saat kita mengeksekusi kolom tersebut. Dari kasus tersebut saya akan menjelaskan kegunaan distinct pada mysql.

icaksama sql distinct

Kegunaan Distinct Pada MySQL

Sebenarnya MySQL sudah menyediakan satu fungsi yang mampu mengfilter data duplikat yaitu DISTINCT. Distinct adalah fitur yang dikombinasikan dengan fungsi SELECT dimana kolom yang dipilih akan di filter dan hanya akan diambil satu data saja dari data yang duplikat. Berikut adalah format penulisan program DISTINCT :

SELECT DISTINCT column_name,column_name
FROM table_name;

Saya akan menunjukan bagaimana cara menggunakan fungsi DISTINCT. Perhatikan tabel Costumers dibawah ini :

IDCustomerNameContactNameAddressKota
1Alfreds FutterkisteMaria AndersObere Str. 57Purwokerto
2Ana Trujillo Emparedados y heladosAna TrujilloAvda. de la Constitución 2222Purbalingga.
3Antonio Moreno TaqueríaAntonio MorenoMataderos 2312Purbalingga
4Around the HornThomas Hardy120 Hanover Sq.Cilacap
5Berglunds snabbköpChristina BerglundBerguvsvägen 8Purbalingga

Coba kamu lihat pada kolom Kota. Kolom tersebut memiliki data yang duplikat dimana kota dengan nama Purbalingga berjumlah 3. Perhatikan Program Berikut :

SELECT Kota FROM Customers;

Output :

Kota
Purwokerto
Purbalingga.
Purbalingga
Cilacap
Purbalingga

Program diatas akan menampilkan seluruh data yang berada pada kolom Kota biarpun data tersebut terdapat data yang duplikat. Lalu bagimana cara mengfilter data yang duplikat ? Perhatikan porgram berikut :

SELECT DISTINCT Kota FROM Customers;

Output :

Kota
Purwokerto
Purbalingga.
Cilacap

Dengan memanfaatkan kata DISTINCT maka data duplikat hanya akan ditampilkan satu saja. Biasanya fungsi DISTINCT juga dikombinasikan dengan fungsi IN atau NOT IN dan Subquery. Tunggu tutorial selanjutnya tentang keguanaan fungsi IN, NOT IN dan Subquery pada SQL.

Oke! Semoga kamu paham tentang kata DISTINCT dalam SQL.

Ayo! Segera daftarkan email kamu untuk berlangganan!

Leave a comment