Cara Mengatasi Bom Klik Adsense

Bom klik adsense adalah sebuah tindakan dengan melakukan klik berkali-kali dengan harapan akun adsense dari iklan yang diklik di-banned. Sejauh ini saya belum pernah menemukan bagaimana cara mengatasi bom klik adsense khususnya untuk blogspot dan sampai akhirnya saya mencoba untuk membuatnya sendiri. Saya coba membuatnya dengan implementasi yang sesederhana mungkin namun tetap bisa di custom sesuai dengan keinginan kamu. Script anti bom klik adsense ini mungkin tidak dapat mengatasi semua teknik bom klik namun kita bisa menggunakannya sebagai pencegahan terhadap bom klik adsense.

Kita tahu bom klik adsense sangat menghawatirkan untuk para publisher karena di anggap melanggar kebijakan program adsense tentang click fraud. Tidak sedikit dari mereka terkena bom klik oleh pengunjungnya sendiri atau pesaing websitenya, padahal untuk mendapatkan akun adsense sekarang ini sudah sangat sulit. Saya mengikuti sebuah group kumpulan para blogger di facebook dan sering kali saya melihat ada yang memposting akun adsense yang terkena bom klik, mungkin 2x dalam seminggu ada saja blogger yang terkena bom klik adsense.

Menanggapi banyak keluhan dari para blogger tentang bom klik adsense akhirnya saya mencoba melakukan scripting untuk mencegah hal tersebut. Script ini sudah saya share duluan namun saya baru sempat membuat artikel tentang penggunannya.

Cara Mengatasi Bom Klik Adsense

Script ini saya namai blogspot-clickfraud atau klik palsu blogspot. Script ini akan menyembunyikan seluruh iklan dalam website jika ada yang melakukan klik lebih dari batas yang telah ditentukan dalam 1 hari. Jadi hari berkutnya iklan akan muncul lagi untuk orang yang melakukan klik tersebut. Berikut skema dari script anti bom klik adsense:

  • Iklan akan menghilang jika ada pengunjung yang mengeklik iklan 1x per-halaman. Namun halaman lain masih bisa menampilkan iklan.
  • Jika pengunjung melakukan klik lagi di halaman yang berbeda dan telah mencapai batas klik perhari yang telah ditentukan maka iklan tidak akan ditampilkan lagi di setiap halaman dalam 1 hari untuk pengunjung tersebut.

Script ini sebenarnya bisa dipakai disemua type website, jadi tidak cuma blogspot yang bisa memakai script ini. Buat kamu yang bukan pengguna blogspot silahkan ikuti juga tutorial ini.

Ini adalah versi terbaru 0.0.4 dari blogspot-clickfraud yang sudah saya kembangkan lagi untuk menangani kondisi website yang berbeda-beda. Sebelumnya saya sudah share blogspot-clickfraud versi 0.0.2 namun masih memiliki beberapa bugs. Jadi buat kamu yang tidak ingin ketinggalan tentang update versi terbaru script blogspot-clickfraud bisa like fanpage saya atau subscribe.

Script blogspot-clickfraud membutuhkan jQuery untuk menjalankannya jadi pastikan website kamu saat ini sudah menggunakan script jQuery. Oke! langsung saja mari ikuti langkah-langkanya:

Langkah 1: Pastikan Script jQuery Tersedia

Untuk memastikan kalau script jQuery sudah tersedia, kamu bisa cari kata jQuery atau tanda $ pada program website kamu. Jika kamu menemukan banyak kata jQuery atau tanda $ berarti kemungkinan besar website kamu sudah mendukung script jQuery. Namun jika website kamu tidak mendukung script jQuery silahkan tambahkan program berikut setelah tag <head>:

<script src='//code.jquery.com/jquery-2.1.3.min.js'/>

Penambahan script jQuery di atas mungkin akan menurunkan pagespeed pada website kamu. Silahkan baca 12 Cara Mempercepat Loading Website tentang cara menggunakan defer atau async javascript.

Langkah 2: Ubah Code Adsense

Kamu perlu merubah semua code google adsense sebagai berikut:

<div id="antiBomKlik">
  MASUKAN CODE ADSENSE DISINI
</div>

Kamu bisa merubah id antiBomKlik sesuai keinginan kamu atau membiarkannya tetap seperti itu. Jika ada code google adsense yang tidak kamu rubah seperti program diatas maka tidak akan mendapat perlindungan dari script blogspot-clickfraud.

Langkah 3: Tambahkan Script Anti Bom Klik Adsense

Silahkan paste program berikut sebelum tag </body>:

<script>
//<![CDATA[
   var limitClick = 5;
   var idAdsense = 'antiBomKlik';
//]]>
</script>
<script async='async' src='//cdn.jsdelivr.net/npm/blogspot-clickfraud@0.0.4/index.min.js'/>

PERHATIKAN! Pastikan nama idAdsense sama dengan id pada langkah ke 2.

Berikut penjelasan dari limitClick dan idAdsense:

  • limitClick : nilai ini menentukan batas klik iklan yang diperbolehkan untuk setiap pengunjung perhari.
  • idAdsense : nilai ini harus sama dengan id pada langkah ke 2. Jika idAdsense di ganti sesuai keinginan maka pastikan namanya tanpa menggunakan spasi.

Langkah 4: Test Script Anti Bom Klik Adsense

Ini adalah langkah yang paling menghawatirkan. Karena kita harus mengetes script ini berjalan atau tidak pada website kamu.

Nah loooh, bisa ke-banned beneran dong akun Adsensenya?

Tenang, kita mengetesnya tidak pada code adsense melainkan pada code lain. Jadi adsensenya tetap aman tanpa harus kita klik iklannya.

Sebenarnya saya sedikit kesulitan mencari bahan uji coba yang skemanya mirip seperti iklan adsense. Namun setelah saya cari-cari ternyata facebook like skemanya memiliki kemiripan dengan iklan adsense. Kamu bisa menambahkan kode berikut setelah tag <body> atau untuk website blogspot kamu bisa pasangkan kode berikut menggunakan widget HTML/Javascript di menu Layout:

<div id="antiBomKlik">
<div id="fb-root"></div>
<script>(function(d, s, id) {
var js, fjs = d.getElementsByTagName(s)[0];
if (d.getElementById(id)) return;
js = d.createElement(s); js.id = id;
js.src = 'https://connect.facebook.net/en_GB/sdk.js#xfbml=1&version=v3.0&appId=1605605006373339&autoLogAppEvents=1';
fjs.parentNode.insertBefore(js, fjs);
}(document, 'script', 'facebook-jssdk'));</script>
<div class="fb-like" data-href="https://www.facebook.com/icaksama.fanpage/" data-layout="standard" data-action="like" data-size="large" data-show-faces="true" data-share="false"></div>
</div>

Oke setelah semua terpasang sekarang saatnya melakukan testing. Berikut cara test script anti bom klik adsense:

  • Klik link pada box facebook like tersebut seperti foto atau yang lainnya, initnya klik di dalam box facebook like. Jika box facebook like menghilang berarti script telah berkerja dengan baik.
  • Coba pindah ke halaman lain dan cek apakah facebook like masih terlihat. Namun pastikan nilai limitClick lebih dari 1.
  • Klik kembali box facebook like dan pindah lagi ke halaman lain. Lakukan hal tersebut berulang-ulang sesuai batas limitClick yang ditentukan. Jika batas limitClick telah tercapai, seharusnya box facebook like akan menghilang di semua halaman website kamu dan akan muncul kembai di hari berikutnya.
  • Jika test di atas berjalan semua berarti script anti bom klik adsense telah terpasang dengan baik.

Demikian artikel tentang cara mengatasi bom klik adsense, jika ada yang kurang jelas silahkan tanyakan pada komlom komentar. Nantikan artikel saya berikutnya yang tidak kalah menarik dengan ini yang tentunya dapat menambah pengetahuan kamu dalam dunia teknologi. Salam

Ayo! Segera daftarkan email kamu untuk berlangganan!

Comments (2)

terima kasih banyak mas, sangat bermanfaat mas.
saya sudah coba mas, awalnya hilang facebook like saya, saat di klik dengan batas limitnya (2x), tapi pas saya reload halamannya, facebook likenya masih muncul mas, dan saya ulangin seperti petunjuk mas, tetep masih muncul facebook likenya mas.
tapi terima kasih banyak banget, udah share tipsnya loh. tetap semangat.
Ditunggu update nya.

Hi Mas Aliyas, coba kasih tau nama websitenya apa biar saya cek. Saya butuh data buat update script ke versi berikutnya.

Leave a comment