Trik Jitu Menjadi Juara Lomba IT Tingkat Nasional

Menjadi seorang juara dalam lomba teknologi memang tidaklah mudah, butuh kerja keras, pengalaman dan taktik khusus untuk dapat bersaing. Karena faktor kemenangan bukan 100% berdasarkan kemampuan, banyak faktor-faktor lain yang dapat membuat kita menjadi juara bahkan faktor yang kita anggap tidak penting. Seperti janji saya pada artikel sebelumnya, saya akan berbagi trik jitu menjadi juara lomba versi icaksama.COM dalam meraih juara lomba teknologi tingkat nasional. Trik ini saya temukan setelah 7 kali kalah mengikuti lomba dan 3 kali menjadi juara. Berbagai kerja keras dan pengalaman menyakitkan sudah pernah saya alami dan bisa di bilang perjuangan saya untuk menjadi juara di atas normal. Malu, lelah, marah, pesimis dan rasa menyakitkan lainnya sudah biasa saya rasakan. Namun inilah perjuangan, dan tanpa adanya ini tidak mungkin saya bisa menjadi seorang juara.

Saya tidak ingin kamu merasakan apa yang saya rasakan. Jadi buat kamu yang ingin mengikuti lomba teknologi tingkat nasional tidak perlu khawatir karena saya akan membagi triknya disini. Mari simak apa saja yang harus kamu lakukan untuk menjadi juara.

Juara Elinfo Cometition Universitas Negeri Yogyakarta

1. Pahami Rulebook Perlombaan

Bagi sebagian orang, rulebook perlombaan mungkin di anggap angin lalu atau mungkin hanya sekedar melihat tanggal kegiatannya saja. Namun tidak bagi saya, aturan lomba adalah hal terpenting dimana kita bisa memprediksi seperti apa tingkat kesulitan lomba dan persiapan apa saja yang harus dilakukan. Berikut beberapa hal yang sering ada dalam rulebook perlombaan :

  • Video Demo : Dalam aturan lomba biasanya terdapat sesi upload video demo dan ini artinya kita bisa mereview video demo pada lomba sebelumnya sehingga kita dapat memprediksi sebagus apa aplikasi dan video demo yang akan kita buat pada lomba tahun ini.
  • Presentasi : Sebagian orang menganggap remeh sesi presentasi karena sesi ini memang dilakukan setelah kita dianggap lolos ke tahap final sehingga banyak peserta yang tidak mempersiapkan alat presentasi. Padahal dalam setiap perlombaan, sesi presentasi memiliki poin tertinggi. Dulu saat lomba ELINFO, sebenarnya aplikasi yang saya buat masuk pada peringkat 3 namun naik ke peringkat 1 karena poin presentasi. Kita harus optimis, jadi buatlah presentasi semenarik mungkin bahkan sebelum kamu dinyatakan lolos ke final.

Ini hanyalah prediksi jadi tidak 100% akurat. Namun paling tidak kita jadi lebih siap dan tau apa yang harus dilakukan. 🙂

2. Ide yang Anti Mainstream

Anti Mainstream atau unik yaitu sebuah aplikasi yang belum pernah ada sebelumnya, bisa dari segi sistem ataupun design dan lebih cenderung ke keunikan. Tidak masalah kamu membuat produk yang sudah pernah dibuat namun paling tidak designya harus benar-benar unik. Keunikan ini harus sesuai tema perlombaan dan dapat dipakai oleh user tanpa suatu batasan. Arti tanpa suatu batasan yaitu aplikasi yang dapat dipakai oleh setiap orang. Sebagai contoh aplikasi kamus bahasa inggris ini berarti aplikasi dapat digunakan oleh setiap orang.

3. Banyak Fitur

Buat produk tersebut memiliki banyak fitur, namun fitur tersebut jangan pernah mempersulit si pengguna. Semakin aplikasi terlihat komplek dengan banyak fitur maka dapat menambah kesempatan menjadi juara. Fitur ini bisa fitur yang sangat sederhana asalkan tidak keluar dari ide dan tema produk yang dilombakan. Intinya adalah produk yang kamu buat harus terlihat komplek.

4. Sewa Ahli Design

Bagi seorang programmer saya yakin design adalah salah satu hal yang sulit. Design adalah hal yang sangat menentukan kamu menjadi juara. Saya pernah mengikuti lomba website dimana saat itu website yang dilombakan mirip dengan freelancer.com dan saya yakin 100% website yang saya buat memiliki sistem yang lebih bagus dari website peserta lain. Website saya memang memiliki sistem yang lebih bagus namun tidak untuk designnya. Saya programmer bukan ahli design sehingga design saya buat ala kadarnya :D.

Dan parahnya, para juri tidak begitu memperhatikan dari segi sistem. Setiap juri dalam perlombaan cenderung memperhatikan pada kualitas design yang mendukung sistem. Saya tidak mengatakan design bagus tapi sistem buruk, namun design lebih di prioritaskan dari pada sistem. Karena pada dasarnya seorang pengguna tidak pernah memperhatikan sistem aplikasi begitu juga dengan juri.

5. Rendah Diri

Rendah diri disini bukan berarti kamu harus pesimis. Rendah diri disini adalah banyak diam sehingga peserta lain tidak bisa melihat seberapa tinggi tingkat kemampuan kamu. Dengan rendah diri maka peserta lain tidak dapat melakukan ancang-ancang karena tidak mengetahui taraf kemampuan kamu.

6. Rahasiakan Produk

Dalam setiap perlombaan, jangan pernah menunjukan seperti apa produk yang kamu buat jika memang tidak di perlukan. Simpan serapat mungkin 🙂

7. Akrab

Akrab bukan berarti banyak bicara. Akrab dalam hal ini adalah untuk mengetahui seperti apa projek dan kemampuan dari peserta lain sehingga kamu bisa lebih mempersiapkan dan meningkatkan poin pada sesi lain yang bisa mendukung kamu menjadi juara jika ternyata kamu yakin aplikasi yang kamu buat kalah bagusnya.

8. Presentasi

Sudah saya jelaskan pada poin pertama. Persiapkan alat presentasi bahkan sebelum kamu dinyatakan lolos ke final. Ini adalah persiapan yang dapat mengalahkan peserta lain. Karena kebanyakan dari lomba yang saya ikuti, tidak ada peserta yang mempersiapkan presentasi sebelumnya. Dalam setiap presentasi saya menggunakan sensor kinect dan aplikasi khusus bukan power point sehingga presentasi terkesan menarik. Dan jangan lupa berlatih intonasi dan ekpresi di depan kaca serta lakukan berkali-kali hingga kamu yakin.

9. Tidur yang Cukup

Ini adalah faktor yang banyak peserta sering mengabaikannya saat final. Tidur yang cukup saat perlombaan terutama saat final adalah hal yang wajib menurut saya. Jangan berlebihan begadang karena saat lomba berlangsung maka stamina tubuh dan otak benar-benar berkurang tanpa kamu sadari. Begadang saat final sering saya lakukan sebelum saya menggunakan trik ini dan jangan tanya hasil lombanya karena saya kalah sampai 7 kali 😀

10. Doa

Mintalah doa tidak hanya pada orang tua, minta kepada setiap orang yang kamu kenal sebanyak-banyaknya namun tetap rendah diri dan jangan berniat pamer. Karena faktor kemenangan tidak 100% berdasarkan trik diatas.

Demikian beberapa trik jitu versi icaksama.COM. Trik diatas selalu saya lakukan dalam menghadapi lomba namun kemenangan sepenuhnya pada perjuangan kalian. Jika serius maka hasilnya serius jika tidak maka jangan sesali hasilnya. 🙂 .Dan salah satu prinsip yang saya pegang adalah “Menjadi yang Terakhir untuk Menjadi yang Pertama” 🙂

Ayo! Segera daftarkan email kamu untuk berlangganan!

Leave a comment