6 Tips Kuliah di Jurusan Teknik Informatika

Tips Kuliah di Jurusan Teknik Informatika – Hi apa kabar semua, lama sekali rasanya setelah 2 tahun saya berhenti menulis artikel di website icaksama.com. Kali ini saya akan mencoba membagikan bagaimana tips kuliah di jurusan teknik informatika yang tentunya tips-tips tersebut berdasarkan dari pengalaman yang sudah saya lalui. Semoga dengan artikel ini, kamu bisa membuka pandangan kamu selama kamu menempuh pendidikan kuliah di jurusan teknik informatika.

Kuliah di Jurusan Teknik Informatika icaksama.com

1. Cari Ilmu Lain Diluar Universitas

Banyak yang bilang kuliah di jurusan teknik infromatika atau IT itu susah namun kenyataannya ya memang dimikian. Butuh kerja keras dan perjuangan di dalamnya apa lagi dengan system pelajaran di universitas yang menurut saya tidak mengharuskan mahasiswa menguasai yang penting nilai tinggi ya berarti lulus. Padahal kenyataan dilapangan, IT itu luas tidak sebatas pada apa yang di ajarkan di universitas saja, apalagi dengan perkembangan teknologi sekarang yang begitu cepat kita dituntut untuk cepat pula menguasainya.

Namun sekarang ini masih banyak unversitas yang tidak mengikuti perkembangan teknologi saat ini terutama dalam bidang pemrograman karena peraturan kurikulum yang saya sendiri juga tidak mengerti apakah yang membuat kurikulum tersebut ahli dalam bidang IT ataukah hanya sebatas kerja saja untuk membuat kurikulum tersebut. Jika kamu merasa universitasmu saat ini mengajarimu tentang ilmu IT tempo doeloe berarti fix kamu akan lulus dengan ilmu IT tempo doeloe juga yang berarti ilmu yang kamu kuasai nanti sudah tidak pada jamannya. Jadi lebih baik carilah ilmu-ilmu lain di luar universitas seperti buku atau forum diskusi online.

2. Fokus Pada 1 Ilmu Saja

Berbeda dengan jurusan lainnya seperti pendidikan yang perubahannya tidak terlalu signifikan. Jurusan IT atau teknik informatika seharusnya tidak boleh disamakan dengan jurusan yang lain. Jurusan IT seharusnya ikut bergerak mengikuti perkembangan teknologi saat ini, sehingga para mahasiswa saat lulus masih menggunakan ilmu yang sesuai dengan teknologi di jamannya.

Dulu saat saya kuliah di jurusan teknik informatika, saya geram dengan sistem pengajaran yang saya sendiri juga merasa tidak mengerti maksudnya karena yang dipelajari cuma itu-itu saja di tiap semester padahal di luar universitas saya mendapatkan banyak pengetahuan yang tidak saya dapatkan di unversitas. Dan akhirnya saya cuma menganggap universitas sebagai sarana untuk mendapatkan gelar S1 saja sedangkan ilmunya saya pelajari secara otodidak dari buku ataupun internet.

Yang lebih aneh lagi, sebagai mahasiswa IT kita dituntut oleh unversitas untuk mempelajari banyak bahasa pemrograman yang alhasil banyak mahasiswa kebingungan dan lulus tanpa menguasai bahasa pemrograman apapun. Saya sendiri juga tidak mengerti maksudnya, padahal menguasai 1 bahasa pemrograman saja susah disuruh untuk mengusai lebih dari satu.

Lalu apa yang harus kamu lakukan?

Fokus pada satu ilmu atau bahasa pemrograman saja dan pelajarilah hingga kamu menjadi ahlinya setelah itu baru kamu boleh menguasai yang lain. Dari satu ilmu yang kamu fokuskan tersebut, biasanya dapat membantu kamu dalam mempelajari dan memahami ilmu yang lainnya.

Lebih baik tahu sedikit tapi banyak dari pada tahu banyak tapi sedikit.

Lalu bagaimana dengan mata kuliah yang lain?

Cukup ikuti saja sebisanya, yang penting nilai tinggi dan dianggap lulus.

Saya tidak mencoba menjelekan universitas namun sebagai seorang mahasiswa IT sudah selayaknya kita belajar lebih dari apa yang kita dapatkan di universitas.

3. Pergaulan Saat Kuliah Di Jurusan Teknik Informatika

Selain mengfokuskan pada satu ilmu, masih ada hal lain yang tidak kalah penting yaitu pergaulan. Kita tahu kuliah di jurusan teknik informatika itu tidak menekankan pada hubungan sosial tetapi pada bagaimana kita dapat menguasai ilmu tentang komputer. Jadi selama masa kuliah alangkah baiknya jika kamu pilih-pilih dalam bergaul dan jangan terlalu banyak bermain. Bila perlu carilah teman yang bisa di ajak berjuang bersama. Karena pada umumnya, mereka dibidang IT yang cenderung banyak bermain akan semakin ketinggalan jauh dan ujung-ujungnya skripsinya pun beli.

4. Gabug di Forum

Sering-seringlah mengikuti forum-forum diskusi pemrograman entah di facebook ataupun website lain. Bila perlu tanyakan apa saja yang kamu tidak mengerti pada forum tersebut. Banyak para master yang biasanya siap membantu kamu bahkan mengarahkan kamu tentang apa yang harus kamu lakukan. Dan dari sinilah hubungan sosial seorang IT biasanya terhubung. Kamu juga bisa bergabung dalam forum icaksama.com.

5. Cari Pengalaman

Untuk mengasah kemampuanmu, langsunglah terjun dalam projek yang sesungguhnya dan jangan mengandalkan dari tugas kampus. Karena apa yang menjadi tugas kampus berbeda jauh dengan apa yang ada dalam dunia kerja. Kalau dulu saya sering mengasah kemampuan dengan projek skripsi dari para kakak mahasiswa yang mungkin terlalu sibuk kerja atau gagal paham kuliah di jurusan teknik informatika. Jika tidak, di luar sana masih ada website-website freelancer seperti Project.co.id atau Freelancer.com. Coba bid beberapa project dari sana, namun tentunya susah untuk mendapatkan projectnya karena kamu harus bersaing dengan para master yang sudah memiliki segudang portfolio. Jadi, menurut saya lebih gampang mendapatkan project skripsi dari pada website freelancer.

Atau cobalah mencari sekumpulan para kutu komputer (bukan kutu buku) yang sengaja menawarkan jasanya untuk para mahasiswa yang membutuhkan project skripsi. Mintalah untuk bergabung dan tak usah memikirkan bayarannya karena fokus kamu adalah untuk mendapatkan pengalaman. Jadi sebagai mahasiswa IT jangan pernah berfikir mencari pengalaman saat kamu sudah lulus kuliah tapi carilah pengalaman saat kamu masih kuliah di jurusan teknik informatika sehingga saat kamu masuk dunia kerja yang sesungguhnya maka kemampuanmu sudah tidak bisa disamakan lagi dengan fresh graduate dan bersiaplah untuk meminta gaji yang tinggi.

6. Kumpulkan Portfolio

Nah dari hal di atas masih ada satu hal lagi yaitu portfolio. Simpan semua project yang sudah kamu kerjakan pada website Github.com karena disitulah hampir semua project para programmer diseluruh dunia terkumpul menjadi satu. Dan jangan lupa, buat akun di website Linkedin dan tambahkan semua portfoliomu disana karena disanalah sarang para requiter berkumpul. Bila portfoliomu memang bagus, maka kamu akan mendapatkan banyak tawaran kerja disana sehingga kamu bisa merasakan bagaiamana sesungguhnya mereka yang membutuhkanmu dan bukan kamu yang membutuhkan mereka. Namun berhati-hatilah karena banyak requiter dadakan yang ga jelas disana.

Dan jika kamu merasa mempunyai kemampuan cobalah untuk mencari portfolio-portfolio lain seperti mengikuti lomba-lomba tingkat universitas, regional, nasional hingga international. Tidak usah merasa minder, karena mereka tidak berbeda jauh dengan kita dan cuma pengalamanlah yang membedakannya. Toh kalau kalahpun tidak ada yang menyalahkan dan justru kamu akan mendapatkan pengalaman dan relasi disana.

Oke demikian artikel ini, semoga dapat membuka pandangan kamu menjadi mahasiswa IT yang sesungguhnya. Jika kamu tidak yakin pada tips yang saya tulis, silahkan percayalah pada diri kamu sendiri dan jangan pernah menyerah. Dan jangan lupa cobalah baca artikel ini untuk memotivasi kamu, Jadi Programmer Tidak Harus Pintar, Ini Caranya!

Ayo! Segera daftarkan email kamu untuk berlangganan!

Leave a comment