Plugin SEO Wordpress Versi Icaksama.com

Membangun SEO (Search Engine Optimization) pada website bukanlah hal yang mudah. Dalam wordpress kita membutuhkan Plugin-Plugin yang dapat membantu memaksimalkan SEO pada website kita. Namun jika kita salah menggunakan plugin tersebut bukanya meningkatkan justru malah menurunkan SEO. Ada banyak sekali plugin-plugin yang di sediakan oleh wordpress yang tentunya kita harus lebih selective memilih plugin yang cocok untuk website kita. Dalam artikel ini saya akan berbagi tentang plugin apa saja yang saya gunakan untuk website icaksama.com ini. Plugin ini saya anggap sudah memenuhi kriteria dalam membangun SEO yang baik untuk website. Mungkin kamu pernah mendengar istilah tentang SEO OnPage dan SEO OffPage, nah plugin-plugin ini salah satu dari cara memaksimalkan SEO OnPage.

Plugin SEO WordPress versi icaksama.com

Diluar artikel ini juga ada hal yang lebih penting yang dulu juga pernah saya share. Saya sarankan kamu membaca artike berkut sebelum membaca artikel ini.

  1. Hal Terpenting Dalam SEO
  2. Hal Pertama Yang Harus Dilakukan Dalam SEO

Setelah kamu membaca artikel diatas, tiba saatnya saya akan jelaskan plugin apa saja yang baik digunakan untuk website kita. Plugin-plugin ini saya dapat setelah gonta ganti berbagai macan plugin dan sampai saat ini saya cocok dengan semua plugin ini. Berikut plugin yang digunakan oleh icaksama.com.

  1. 404 to Start
    Plugin ini memiliki kemampuan yang menarik, yaitu meredirect halaman yang tidak ditemukan ke halaman awal domain. Jadi sangat cocok untuk SEO ataupun untuk pengunjung jika mendapati link yang tidak ditemukan dengan tulisan kesalahan 404.
  2. Autoptimized
    Plugin ini memiliki kemampuan untuk meminimize seluruh file CSS dan Javascript dengan menghilangkan program spasi dan enter yang tidak penting, serta dapat juga digunakan untuk menaruh file javascript dibagian bawah. Jika kamu tahu, google sebenarnya tidak suka dengan file javascript ataupun css karena dapat memperlambat kinerja perayapan google. Sebagai contoh website icaksama.com ini memiliki tampilan yang sangat buruk di mata google namun tidak di mata pengunjung. Google hanya melihat artikelnya saja tanpa melihat CSS dan javascriptnya jadi google akan lebih mudah merayapi website ini. Namun perlu hati-hati, jika salah setting bisa terjadi kesalahan pada website kamu.
  3. External Links
    Plugin ini memiliki kemampuan untuk mendeteksi seluruh link external dan memberikan tanda nofollow. Jika kamu tau nofollow dan dofollow maka kamu akan tau betapa pentingnya ini dalam SEO OnPage. Karena biasanya dalam komentar atau artikel yang kita buat terdapat link ekternal yang kadang tidak kita ketahui dan ini namanya backlink website orang lain di website kita. Jika tidak ada rel nofollow maka google saat merayapi halaman kita dan menemukan link tanpa nofollow akan berhenti dan menelusuri terlebih dahulu link tersebut. Dan inilah kekuatan backlink yang dapat meningkatkan SEO ataupun menurunkannya. Nantikan artikel cara membuat backlink yang baik untuk website.
  4. Schema Creator by Raven
    Schema adalah hal yang sangat di sukai google karena dengan mudah google dapat menemukan maksud dari artikel yang kamu buat tanpa harus merayapi keseluruhan artikel terlebih dahulu. Dan plugin ini dapat membuat schema pada artikel yang kamu buat serta dapat memberikan tampilan yang berbeda dalam hasil pencarian google. Tentunya juga meningkatkan kecepatan website di mata google.
  5. WP Sitemap Page
    Plugin ini dapat secara otomatis menggenerate seluruh link dan artikel yang kamu miliki sehingga dapat memperkuat SEO di mata google karena google dapat menemukan dengan mudah semua link tersebut.
  6. WPtouch Mobile Plugin
    Plugin ini dapat memberikan tampilan yang berbeda dalam mode smartphone. Plugin ini sangat saya sarankan untuk digunakan karena dapat memberikan peringkat yang tinggi dalam SEO dan mempermudah pengunjung dalam mengakses website kamu. Kamu juga harus tau bahwa google merayapi website dalam 2 mode yaitu Komputer dan Mobile yang menunjukan bahwa website kamu itu responsive.
  7. Yoast SEO
    Bagi kamu pengguna weordpress pasti tidak asing lagi dengan plugin ini. Mungkin bisa dikatakan plugin ini adalah wajib ada di setiap website wordpress. Dari semua plugin SEO kenapa saya memilih Yoast ? Menurut saya Yoast SEO memiliki banyak sekali kemudahan untuk digunakan. Tidak perlu settingan yang beribet untuk memakainya dan fiturnya pun cocok sekali untuk website.
  8. WP Super Cache
    Ini adalah plugin untuk membuat cache website sehingga website kamu akan lebih ringan untuk di akses karena sebelumnya telah disimpan di dalam cache.

Demikian plugin-plugin yang saya gunakan di icaksama.com ini khusus untuk memperkuat SEO OnPage. Selebihnya tinggal tergantung dari kekuatan artikel yang kamu miliki. Tunggu hingga saatnya nanti saya akan berbagi artikel tentang bagaimana cara membuat artikel yang baik untuk SEO. Demikian artikel kali ini, sampai jumpa.

Comments (1)

gan numpang tanya… ane pengen buat website anggota sejenis forum dengan tampilan menarik dan ada fitur yang menarik juga dengan tema menulis novel dan cerpen.

jadi gini ane mau bikin web site ini sejenis kayak game dimana setiap orang yang upload tulisannya sendiri akan mendapat point dari orang yang mampir dan komen. kemudian ane pengen pointnya bisa buat beli item kayak misalkan beli avatar buat profil, bisa membuat tulisan ada di peringkat tinggi (HT istilah kaskusmah) buat berapa hari dan lain-lain …

kalo mau bikin website yang begitu enaknya pake apaan gan???
juga ane kurang paham website ane termasuk kategori apa forumkah . member area kah…?

http://tinypic.com/view.php?pic=2qv8eja&s=9#.Vod__E98GsA

Leave a comment