Hal Terpenting Dalam SEO

Sebenarnya hal pertama dan terpenting apa yang disukai google ? Apakah website yang memiliki banyak artikel ? atau website yang memiliki design yang menarik ? Kita tahu Google menggunakan algoritma baru bernama pinguin. Teknik SEO yang dulu kita gunakan, sekarang banyak yang tidak memiliki efek lagi bahkan ada beberapa teknik yang bisa menurunkan kualitas website kita. Dari beberapa website yang saya amati ada yang memiliki penurunan kualitas di mata Google. Saya tidak menyebutkan nama websitenya, namun yang jelas dari peringkat halaman pertama turun menjadi halaman kelima.

Ini adalah artikel pertama saya mengenai SEO dan perlu di garis bawah saya bukan ahli SEO tapi dalam kategori SEO di website icaksama.com nantinya berisi seluruh pengalaman saya dalam menganalisis algoritma google berdasarkan kemampuan program yang saya miliki. Tidak ada rahasia disini, semua saya sampaikan sesuai pengetahuan dan hasil analisis saya. Jujur, saya baru terjun dalam dunia SEO sekitar satu bulan ini semenjak 21 Maret 2015 hingga saat ini 17 April 2015. Sekarang saya terus mencoba menguasai teknik SEO yang terbaik dengan cara menganalisis algoritma terbaru Google yaitu Pinguin. Semoga para master SEO bisa membenarkan pendapat saya jika artikel ini salah. 🙂

icaksama hal terpenting dalam SEO

Sekarang ini website icaksama.com berumur belum genap satu bulan namun ada beberapa hal yang aneh seperti artikel yang saya miliki dapat masuk di halaman pertama google, artikel terindex google dibawah satu menit, mendapatkan peringkat alexa 2.264.938 dan di setujui oleh google menjadi publisher adsense. Padahal dari artikel di internet banyak yang mengatakan untuk mencapai ke tahap ini umur website harus diatas 3-6 bulan atau harus memiliki lebih dari 60 artikel dengan 300 kata, atau harus update artikel minimal 3 dalam sehari dan masih banyak lagi. Saya tidak bermaksud pamer tapi sekedar membuktikan bahwa website kamu juga bisa seperti icaksama.com dengan melakukan apa yang saya lakukan.

Kita tahu Google merayapi website tidak hanya punya kita tapi website diseluruh dunia. Lalu bagaimana cara kerja google ? Apakah google merayapi website satu persatu atau seratus perseratus atau seribu perseribu dalam sekali perayapan ? jika demikian, urutan keberapakah website kita akan dirayapi oleh google ? Hal seperti itu yang menjadi pertanyaan saya saat pertama kali belajar SEO karena tentunya google tidak akan merayapi website sedunia sekaligus karena itu terlalu berat. Dan dari artikel yang saya baca banyak yang mengatakan semuanya tergantung pada kekuatan artikel yang di posting. Mari ikuti bagaimana pemikiran saya mengenai ini.

Disini saya tidak akan membahas kekuatan artikel untuk SEO karena jelas kekuatan artikel juga berpengaruh besar dalam SEO namun ada hal yang lebih penting, yang akan saya bahas disini adalah hal terpenting yang disukai google sehingga website akan memiliki peringkat yang tinggi dalam urutan perayapan google. Coba bayangkan, sebagus apapun kamu membuat artikel tapi peringkat perayapan website kamu berada pada urutan sekian juta apakah bisa dengan cepat terindex dan masuk ke halaman pertama google ? Ya! butuh waktu. bahkan jika pada urutan perayapan sebelumnya sudah ada website yang membuat artikel dengan topik yang sama maka secara otomatis kamu akan lengser pada halaman kesekian di google bahkan bisa dianggap SPAM karena dianggap copas. Atau kamu membuat artikel tersebut lebih dulu kemudian di copas oleh orang lain namun website pengkopas mendapat urutan perayapan yang lebih tinggi dari website kamu maka kamu juga bisa di anggap SPAM. Mengerti maksudnya ?

Lalu bagaimana website kita mendapat urutan perayapan yang tinggi ? Dalam dunia pemrograman terdapat fungsi if yang digunakan untuk melakukan suatu proses pengkondisian program, bisa kamu baca disini Contoh Program If Pada Java. Saya yakin google menggunakan teknik ini untuk melakukan perayapan. Dari struktur dan fungsi program if yang sudah kamu baca, Google pasti memiliki unsur/kondisi pertama yang akan di utamakan atau didahulukan dari sebuah website. Tau apa itu ? KECEPATAN AKSES WEBSITE!

Kenapa saya berpendapat bahwa yang diutamakan adalah kecepatan ? Karena google pasti memiliki algoritma utama yaitu HARUS MERAYAPI SEBANYAK BANYAKNYA WEBSITE DENGAN WAKTU YANG SESINGKAT SINGKATNYA!. Dan untuk melakukan hal tersebut google harus mengidentifikasi website yang memiliki kecepatan tinggi sebelum merayapi isi keseluruhan sebuah website. Pengidentifikasian tersebut dilakukan pada saat kita mendaftarkan website kita pada Webmastertools. Mengerti yang saya maksudkan ?

Jadi kesimpulannya adalah hal utama dan yang paling pertama dalam membuat website yang SEO bukan berdasarkan artikel tapi KECEPATAN!

Oke! Semoga dengan ini kamu ada bayangan tentang apa yang harus dilakukan pada website kamu. Tunggu artikel selanjutnya membuat kecepatan website lebih baik dengan beberapa teknik.

Salam SEO!

icaksama

Ayo! Segera daftarkan email kamu untuk berlangganan!

Comments (2)

web ane masih numpang blogspot dan web ane masih jelek 🙁 ini web saya tolong dilihat lihat peternakmuda.com

Hi Eli, saya udah cek websitenya, itu blogspot yang pake domain TLD ya? pake template viomagz ya?. Untuk segi kecepatan udah bagus untuk ukuran blogspot. Tapi untuk schema masih kurang pas di bagian artikel. Bagusnya schema untuk artikel pake type BlogPosting. Saran saya coba update ke template viomagz yang terbaru. Kalau ga salah ada versi viomagz terbaru gratis di internet.

Terus coba hapus widget-widget yang ga penting seperti LABELS , THIS BLOG IS PROTECTED BY DMCA.COM karena memberatkan dan membuat link tambahan pada website.

Baru-baru ini saya baca kalau google tidak suka terlalu banyak link yang tidak penting dalam satu halaman. Kebanyakan website seo juga memiliki sedikit fitur dibagian sidebar untuk meminimalisir link-link yang tidak penting. Untuk hal-hal ini mungkin akan saya jelaskan pada artikel saya nanti.

Leave a comment