icaksama Hal Pertama yang harus dilakukan dalam SEO

Hal Pertama Yang Harus Dilakukan Dalam SEO

Banyak hal yang harus dilakukan jika kita berbicara soal SEO. Namun disini saya akan membahas hal pertama yang harus kamu lakukan bahkan sebelum kamu memulai membuat website yang akan kamu SEOkan. Ini merupakan artikel kedua saya yang sebelumnya membahas Hal Terpenting dalam SEOArtikel ini bahkan lebih penting dari artikel pertama saya, kenapa ? karena semua hal dalam SEO harus melewati cara yang akan saya bahas kali ini. Kenapa saya membuat artikel ini ? karena dari banyak kasus khususnya di indonesia, banyak website yang mengalami kegagalan saat website sudah selesai terbentuk dan telah siap di SEOkan. Karena hal ini akhirnya mereka terpaksa harus mengulanginya dari awal lagi, kalaupun tidak mengulanginya maka jangan harap ada kemudahan untuk melakukan SEO. Penasaran apa itu ? Server!

Ya Server! Kenapa server ? Saya akan mulai membahas ini dari sebelum icaksama.com eksis di internet. Sebelum saya mempublish website icaksama.com ke internet tentunya saya harus membeli server dan hosting terlebih dahulu, dan pada saat itu pilihan saya jatuh pada penyedia layanan server dan hosting indonesia yaitu niagahoster.co.idmaklum sedang diskon sih hehehe 😛 dengan hosting yang serba unlimited akhirnya saya membelinya dengan harga sekitar Rp.400.000,-. Saya memang developer website namun dalam urusan SEO, saya masih NOL BESAR SAMPAI SEKARANG 😛 karena saya hanya berkerja pada bagian pembuatan website bukan pada cara marketing online 😛

icaksama Hal Pertama yang harus dilakukan dalam SEO

Saat pembelian telah terkonfirmasi, saat itu juga saya langsung melounching icaksama.com ke internet dengan serba babibu babibu akhirnya semua beres serta telah di daftarkan ke google webmaster tools. Selama satu minggu saya menulis artikel dengan rajin sambil memantau kesalahan google saat merayapi website ini. Namun ada yang aneh, pada webmaster tools terlihat kesalahan yang sangat parah! yaitu kesalahan pada konektivitas server!. Karena ketidaktahuan saya, akhirnya saya biarkan selama beberapa hari dengan harapan kesalahan tersebut menghilang jika google benar-benar telah merayapi website icaksama.com secara keseluruhan. Cukup lama saya menunggu tapi kesalahan tidak juga diperbaiki oleh google. Akhirnya saya mencoba mencari solusinya di internet, namun dari artikel yang saya baca masih banyak yang kurang tepat menurut saya, bahkan artikel dari google pun kurang jelas dalam membahas permasalahan ini.

Lama saya mencari pemecahan kesalahan ini, sampai akhirnya saya mencoba menghubungi ke Niagahoster dan saya mendapat jawaban seperti ini :

Hal tersebut dikarenakan server google yang berada di US kurang bergitu baik untuk mengakses server kami yang berada di Indonesia.
kami menawarkan untuk pemindahan ke server baru kami di singapura untuk yang memiliki bandwith ke luar negeri lebih baik dari server indonesia.

Ternyata kesalahan terjadi bukan pada pihak google tapi pada bandwith indonesia ke luar negeri yang terlalu lemah. Setelah perpindahan server ke Singapura, akhirnya dalam dua hari kesalahan pada webmaster tools telah menghilang. Sebagai pelanggan Niagahoster sampai sekarang, saya merasa beruntung karena dengan harga yang sangat terjangkau dan fasilitas yang yang serba unlimited mampu membuat website icaksama.com masih bisa di akses dengan lancar sampai sekarang. Saya bukan affiliate/marketing niagahoster dan saya juga tidak mendapat untung apa-apa dengan mempromosikan niagahoster.

Coba bayangkan, apakah SEO akan baik pada website dengan kesalahan konektivitas server ? saya kira kamu tau jawabannya. Tidak sedikit blogger pemula di indonesia yang tau tentang hal ini bahwa SERVER MENENTUKAN SEO. Kejadian seperti ini terjadi pada teman saya, teman saya mengeluh saat seluruh artikel di websitenya tidak ada yang masuk di halaman pertama google biarpun dengan kata pencarian yang sama dengan judul artikelnya. Diam-diam saya mencoba mencari tahu permasalahan ini dan ternyata kesalahannya ada pada server websitenya yang berada di Indonesia.

Kesimpulan
Dari pembahasan ini kita dapat mengambil kesimpulan bahwa google tidak dapat menjangkau server Indonesia dengan baik karena faktor bandwith Indonesia yang lemah. Faktor ini dapat mempengaruhi perayapan google ke website kamu dan alhasil website kamu pun akan dipandang sebelah mata oleh google karena dianggap kurang baik. Dan jangan tanya jika website kamu masuk ke halaman google yang tidak terlihat oleh manusia 😛

Saya tidak menyuruh kamu untuk menggunakan layanan server hosting luar negeri. Di Indonesia, masih banyak penyedia server hosting yang memiliki lokasi server yang baik seperti Niagahoster. Tetap cinta produk dalam negeri! Namun sebelum kamu membeli domain dan hosting, lebih baik tanyakan dulu dimana lokasi server website kamu berada nantinya.

Saya harap artikel ini dapat membantu para blogger pemula dalam melakukan hal yang paling utama ini.
Jangan lupa baca Hal Terpenting dalam SEOAgar kamu tau hal yang harus kamu lakukan saat website telah selesai di publish ke internet.

Salam Programmer!

icaksama

Hi, apa kabar? Kenalkan nama saya icaksama, salam kenal. Saya seorang perantau coding sejak tahun 2011 hingga sekarang. Saat ini saya berkerja di Jakarta sebagai Lead New Mobile Technology di sebuah perusahaan international. Banyak hal-hal menarik yang saya bagikan dalam website ini. Jadi, dukung saya dengan like dan subscribe ya! Terima kasih telah berkunjung!

Tinggalkan Balasan