Perjuangan Mengikuti UNITY EDUCOMP #3 2015

Dalam 2 hari ini saya tidak membuat artikel di icaksama.com bukan karena saya malas untuk membuat artikel tapi karena saya mengikuti kompetisi nasional tahunan yang di selenggarakan oleh Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) yaitu UNITY EDUCOMP #3 2015. Kata UNITY dalam judul kompetisi ini bukan berarti bahwa produk yang di lombakan harus dibuat dengan aplikasi UNITY 3D. Ini adalah penjelasan langsung dari website resminya, UNITY Educomp (UNY IT Innovation for Education Competition) 2015 merupakan kompetisi yang diselenggarakan oleh Divisi Teknologi Informasi (TI) UKM Rekayasa Teknologi UNY yang merupakan program kerja dari Bidang Penalaran Universitas Negeri Yogyakarta. Kompetisi ini merupakan kegiatan tahunan dalam rangka memperingati Dies Natalis Universitas Negeri Yogyakarta ke-51 yang mengusung tema ”Youth Empowerment for Excellent Generation”. Sejalan dengan tema tersebut, UNITY Educomp 2015 mengusung tema “Pengembangan Kreativitas Teknologi Informasi sebagai Penunjang Pendidikan Masa Depan. Terdapat 3 kategori yang di lombakan dalam kompetisi ini yaitu aplikasi, game dan design.

icaksama educomp

Dalam artikel ini saya akan berbagi pengalaman tentang perjuangan saya mengikuti kompetisi ini dan semoga dapat menjadi pengetahuan baru buat kamu jika mengikuti kompetisi seperti ini.  Dari ketiga kategori perlombaan saya mengikuti dua kategori yaitu aplikasi dan game. Informasi tentang perlombaan ini saya dapat sekitar 1 minggu sebelum batas akhir pendaftaran sedangkan batas akhir pengumpulan projek masih sekitar 2 minggu. Berarti saat itu saya masih punya 2 minggu untuk mengerjakan 2 projek sekaligus dengan pengerjaan satu minggu perprojek. Saya mengerjakan projek untuk kategori game terlebih dahulu, namun di balik kesibukan saya tentunya banyak hambatan untuk mengerjakan projek ini dan sampai akhirnya tanpa terasa tinggal tersisa 2 hari lagi. Projek aplikasi belum sedikitpun dikerjakan dan projek game sudah selesai namun saya belum mempersiapkan berkas-berkasnya. Berkas-berkas ini diantaranya proposal, video dan projek jadi.

Mungkin untuk proposal tidak terlalu sulit untuk dibuat tetapi untuk video saya memiliki beberapa masalah. Masalah ini terlihat pada saat editing video telah selesai. Saya membuat video ini satu malam suntuk yang berdurasi sekitar 10 menit dan akhirnya jadi sekitar jam 7 pagi. Semua berkas saya pikir sudah lengkap, namun untuk memastikan akhirnya saya baca kembali syarat berkas yang harus dikirimkan. Ada yang beda! terdapat satu kalimat yang berbeda halaman dari halaman syarat video demo dan akhirnya tidak terbaca yang tertulis “Durasi Video maksimal 5 menit”.

icaksama nyempil

 

Melihat tulisan tersebut apa kamu tau apa yang saya rasakan ? Belum tidur satu malam dan video harus di edit dari awal lagi. Akhirnya mau tidak mau saya harus mengedit kembali video tersebut dari awal dengan memotong bagian-bagian yang tidak penting. Video record berukuran 2,9 giga yang kamu tau sendiri seberapa lemot saat editing video. Dengan kondisi ngantuk akhirnya saya edit kembali hingga akhirnya video berdurasi 4:47 menit dan selesai jam 5 sore. Saya baca kembali persyaratan berkas dan saya pikir semua telah lengkap. Ini baru mempersiapkan berkas, apa kamu tau saya harus upload 2 file berukuran besar ? yang pertama video berukuran 161Mb dan file projek yang berukuran 90Mb. Untungnya koneksi internet sedang normal jadi saya upload keduanya dalam waktu satu setengah jam.

Sekitar jam 19:00 akhirnya saya berhasil mengirimkan berkas-berkas tersebut ke UNITY EDUCOMP. Dengan kondisi ruangan yang masih berantakan dan puntung rokok yang numpuk di asbak, saya langsung tidur dan bangun sekitar jam 3 pagi lalu saya mencoba membagi pengalaman ini dengan menulis artikel ini. Taukah kamu ? Sampai artikel ini terbit, saya baru makan satu kali hehe :p perut ini hanya berisi kopi dan asap rokok mungkin :p tapi apa kamu tau apa yang saya rasakan ? Puas! karena semua berhasil saya perjuangkan dan pengalaman berhasil saya dapatkan. Sekarang saya tinggal menunggu pengumuman finalis pada 1 mei 2015, jika lolos maka saya langung meluncur ke jogja untuk mempresentasikan projek ini 🙂 minta doanya yaa 🙂

Kamu ingin tau apa yang saya buat ? ini dia Bawor Adventure. Game Bawor Adventure adalah game edukasi yang bertujuan memperkenalkan dan melestarikan Adat Banyumasan. Game ini berkisah tentang seorang toko punakawan Bawor (Maskot Banymas) yang mendapatkan mandat dari bapaknya untuk membantu masyarakat banyumas dalam mengumpulkan alat adat yang akan digunakan untuk kegiatan adat Banyumasan. Pemain harus membantu bawor dalam mengumpulkan alat adat tersebut dengan melewati berbebagai rintangan.  Game ini bernuansa pedesaan dengan pemandangan gunung slamet yang mencirikan daerah banyumas. Pemain akan mendapat pengetahuan baru tentang adat banyumasan dengan membantu perjalanan bawor.

[mom_video type=”youtube” id=”biTse5yUtSE”]

[button link=”https://www.dropbox.com/s/eoasemk8xvfywud/Fix%20Bawor.rar?dl=0″ align=”center” target=”_blank” icon=”momizat-icon-box-add”]Download Game Bawor Adventure[/button]

Ayo! Segera daftarkan email kamu untuk berlangganan!

Leave a comment