Juara 2 ITCC Udayana Bali 2014

Apapun keinginan kita, jika kita sudah niatkan dan tidak pernah menyerah untuk meraihnya walapun gagal berkali-kali pasti akan terwujud. insyaallah. Pada artikel ini saya akan berbagi kisah tentang perjalanan saya dalam lomba Web Design di ITCC Udayana Bali tahun 2012 hingga 2014. Lomba ini adalah lomba yang pertama kali saya juarai dalam lomba tingkat Universitas se-Jawa, Bali dan Nusa Tenggara sebelum saya menjuarai lomba UNITY EDUCOMP 2015 yang bisa kamu baca kisahnya di artikel Juara 1 Kategori Games Unity Educomp #3 2015 dan Perjuangan Mengikuti UNITY EDUCOMP #3 2015.

ITCC Udayana adalah lomba web design tingkat Mahasiswa se-Jawa, Bali dan Nusa Tenggara yang di adakan setiap tahun oleh Universitas UDAYANA di bali. Kenapa saya dapat juara 2 di lomba ini ? Yaaa wajar saja saya sudah  3 kali mengikuti lomba ini bahkan saat lomba ini pertama kali di adakan hehee. Saya sudah hafal segala aturan dan kegiatan di lomba ini jadi pada lomba ke 3 saya mampu mendapat juara 2. Mari simak lebih lanjut perjalanan saya mengikuti lomba ini dari tahun ke tahun.

icaksama itcc udayana logo

Awal saya mengikuti lomba ini pada saat saya masih semester 3 tahun 2012 dan saya tidak tau kenapa saya bisa ikut hehe. Mungkin karena rasa penasaran saya ingin tau seperti apa mahasiswa dari universitas lain. Ini dia perjalanan saya dalam lomba ITCC Udayana dari tahun 2012 hingga 2014.

ITCC Udayana 2012

Peserta di berikan banyak kasus yang harus di selesaikan selama 3 hari dan kasus tersebut harus ada dalam website yang dibuat. Pada saat itu website yang harus dibuat adalah website penjadwalan dengan berbagai fitur di dalamnya. Bayangkan hanya 3 hari ! Dan tahukah kamu ? Saat itu saya belum pernah belajar tentang pemrograman website karena memang di perkuliahan saya belum di ajarkan. Hanya bermodal 3 buku dan koneksi internet seadanya saya buat website ini dengan pemahaman-pemahaman yang saya miliki dari bahasa pemrograman java.

Saya tidak mengerti apa itu normalisasi database, responsive design ataupun query yang mengkombinasikan 2 tabel.  Saya hanya mengerti tentang HTML dan CSS serta sedikit pemahaman tentang PHP. Bisa terbayang bukan seperti apa perjuangan yang harus saya lakukan 🙁 . Selama perlombaan, bisa dihitung saya hanya tidur sekitar 4 jam saja. Dan sungguh ajaib, pada babak semifinasis saya berhasil masuk 25 besar. Entah dari segi apa website yang saya buat dapat masuk 25 besar hehee.

Setelah babak semifinasis selesai, akhirnya masuk pada babak finalis. Peserta diberikan waktu 3 hari lagi untuk menyelesaikan kasus baru. Bodohnya saya, harusnya saya melanjutkan website yang sudah dibuat tapi malah membuatnya dari 0 lagi. Saya beranggapan bahwa website yang saya buat dari 0 bisa lebih bagus dari sebelumnya. Memang lebih bagus 🙂 tapi ternyata waktunya tidak cukup untuk menyelesaikan website ini dan akhirnya pada babak ini saya gugur 🙁 Cerita berakhir disini 🙂

ITCC Udayana 2013

Saya mengikuti lomba ini lagi pada tahun 2013, dan berarti saya telah masuk pada semsester 5. Tapi tetap saja saya belum pernah mendapat mata kuliah tentang pemrograman website. Semua saya pelajari secara otodidak. Dan tahukah kamu ? Demi menjadi juara pada lomba ini, saya sengaja menguji diri saya selama satu tahun belajar pemrograman website tanpa koneksi internet dan hanya dengan refrensi buku yang saya miliki. #NgarepBanget 😀

Lomba ITCC Udayana 2013 ternyata memiliki konsep berbeda dengan lomba di tahun sebelumnya dimana tidak ada babak penyisihan semifinasis tapi langsung masuk ke babak penyisihan finalis namun dengan waktu pengerjaan 7 hari. Dalam lomba ini peserta diberikan kasus untuk membuat website tentang pertemuan pemberi kerja dengan pencari kerja mirip seperti freelancer.com.

Saya kerjakan website ini tanpa koneksi internet selama 7 hari dan allhamdulillah saya berhasil lolos ke tahap final dan meluncur ke bali untuk perlombaan yang sesungguhnya. Hanya 10 peserta yang berhasil masuk ke tahap final dari berbagai Universitas ternama seperti ITB, dalam tahap ini finalis melakukan sesi live coding selama 6 jam dengan menyelesaikan banyak kasus baru. Selesai sesi live coding, peserta harus menunggu hingga pengumuman juara di umumkan. Dalam waktu menunggu, saya melihat website peserta lain dan saya paham betul bagaimana sistem website mereka. Saya yakin 100% sistem website yang saya miliki lebih unggul dari sistem website peserta lain. Kenapa ? karena banyak website dari peserta lain belum selesai seutuhnya sedangkan punya saya sudah dan dengan banyak fitur yang saya tambahi sendiri di dalamnya.

Namun apa daya, saya masih saja kalah dan masuk di peringkat 4 sedangkan peringkat 1, 2 dan 3 di juarai oleh Mahasiswa UDINUS, ITB dan Kampus New Media Bali. Parahnya lagi saat pulang ketinggalan pesawat. Sungguh perjuangan yang sangat berat 🙂 Yang mau download soal babak penyisilah bisa di download disini SOAL PENYISIHAN ITCC UDAYANA 2013SOAL PENYISIHAN ITCC UDAYANA 2013

ITCC Udayana 2014

Masih dengan rasa penasaran yang tinggi saya ikut lomba ini lagi pada tahun 2014. Belajar dari pengalaman-pengalaman saya terdahulu, dalam lomba ini ada satu aspek yang saya unggulkan. Tak perlu banyak fitur yang saya tambahkan cukup fitur yang jadi soal saya kerjakan semua. Pada saat itu website yang di lombakan adalah website E-learning mirip seperti schoology.com. Download soalnya disini Soal Tingkat Universitas – ITCC 2014

Saya berhasil masuk tahap final lagi, dan sungguh tidak di duga ini benar-benar lomba yang sulit. Sudah 3 kali lomba ini di adakan dan tentunya semakin banyak yang tahu dan universitas ternama di indonesia pun ikut serta dalam lomba ini.

Namun, Allah berkehendak lain. Dalam persaingan yang sangat sulit, Akhirnya saya berhasil meraih juara 2 dalam lomba ITCC Udayana 2014 setelah 3 kali mengikuti lomba ini dari tahun ke tahun. Dan terima kasih untuk para panitia ITCC Udayana dari tahun 2012 hingga 2014. Kalian luar biasa ! Kalian panitia paling ramah selama saya mengikuti lomba nasional di berbagai daerah. Sumpah ! 🙂

Ayo! Segera daftarkan email kamu untuk berlangganan!

Leave a comment