Juara 1 Nasional ELINFO 2014

Sungguh hal luar biasa buat saya berhasil menjadi juara 1 Nasional ELINFO 2014 dalam lomba Mobile Application di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Semua ini tidak lepas dari doa orang tua dan teman-teman saya atas keberhasilan ini. Dalam artikel kali ini, saya akan berbagi kisah pengalaman saya dalam mengikuti lomba ELINFO dari tahun 2012 hingga 2014. Ya benar, saya sudah mengikuti lomba ini hingga 3 kali berturut-turut dan pada lomba ketiga akhirnya saya berhasil meraih juara 1.

Dalam artikel sebelumnya tentang pengalaman saya menjadi Juara 1 Kategori Games Unity Educomp #3 2015 dan Juara 2 ITCC Udayana Bali 2014 itu berarti ini adalah kejuaraan Nasional saya yang kedua. Kenapa bukan ketiga ? Karena saya baru sempat memposting artikel ini hehee. Banyak suka duka yang saya alami dalam mengikuti berbagai jenis perlombaan tingkat Nasional. Mungkin kamu tidak akan percaya membaca kisah-kisah saya memperjuangkan setiap perlombaan yang saya ikuti. Tidak tidur satu atau dua malam pun sudah biasa saya lakukan jika sedang dalam masa perlombaan.

Lomba ELINFO adalah ajang perlombaan terbesar kedua tingkat Universitas setelah GEMASTIK menurut saya. Dan jangan tanya bagaimana kisah saya tentang mengikuti lomba GEMASTIK karena saya pun belum pernah menjuarainya 🙁 . ELINFO adalah lomba yang melombakan 2 kategori yaitu Roborace dan IT Competition dimana setiap tahun kategori IT Competition berubah sesuai kepopuleran IT saat ini. Berikut perbuahan lomba ELINFO kategori IT Competition dari 2011 hingga 2014 :

  • ELINFO 2011 : Java Programming
  • ELINFO 2012 : Web Programming
  • ELINFO 2013 : Mobile Programming
  • ELINFO 2014 : Mobile Programming

ELINFO semakin susah dari tahun ke tahun karena semakin banyaknya pesaing yang bermunculan. Mahasiswa dari Universitas ternama selalu mengikuti lomba ini dan tidak heran jika setiap tahun mereka berhasil meraih juara dalam lomba. Mari simak lebih lanjut 🙂

Juara Elinfo Cometition Universitas Negeri Yogyakarta

Saya tidak akan bercerita tentang pengalaman saya di 2012 karena dari artikel Juara 2 ITCC Udayana Bali 2014 pasti kamu sudah tahu seperti apa kemampuan pemrograman website saya pada tahun tersebut. Saya akan bercerita mulai dari 2013, dan perlombaan pada tahun itulah yang paling membuat saya jengkel.

Saya membuat sistem bank soal berbasis Android dimana data soal saya buat secara web service sehingga soal bisa lebih dinamis. Saya buat website khusus untuk para guru membuat soal dan siswa dapat mengaksesnya dari smartphone android untuk menjawab soal tersebut. Namun peringkat 10 besar pun tidak berhasil saya masuki dan waktu itu saya pikir peserta lain memiliki aplikasi yang luar biasa bagusnya hingga aplikasi yang saya buat tidak masuk 10 besar. Ternyata tidak, juara 1 saat itu ternyata juga membuat aplikasi bank soal, namun bedanya aplikasi mereka masih bersifat statis dengan data soal yang itu-itu saja. Entah dari mana menilainya saya tidak tahu.

Saya mencoba kembali di ELINFO 2014 dan beruntungnya pada saat itu yang di lombakan masih mobile application. Dari pengalaman-pengalaman yang lalu, saya menemukan trik jitu tentang hal apa saja yang harus ada dalam aplikasi yang saya buat. Trik apa itu ? Penasaran ? Trik ini akan saya bagi dalam artikel selanjutnya. Jadi buat kamu yang tidak ingin ketinggalam update terbaru dari saya jangan lupa subscribe yaa 🙂

Saya tidak akan bercerita panjang lebar, intinya dengan trik ini saya berhasil masuk peringkat 3 dan harus bersaing kembali dalam babak presentasi dengan 4 peserta lain. Babak presentasi memiliki point yang lumayan tinggi sehingga untuk naik ke peringkat 1 saya harus mati-matian membuat presentasi yang mengesankan. Dari rumah saya sudah membawa alat presentasi yang lengkap seperti kinect dan laser pointer.

Dalam presentasi saya menggunakan sensor kinect dan aplikasi khusus yang saya buat sendiri agar terlihat lebih mengesankan. Materi presentasipun saya buat secara sistematis agar mudah dimengerti yang tentunya saya gunakan trik khusus dalam membuat materi presentasi ini. Saya tidak berfikir bahwa presentasi yang saya buat akan terlihat mengesankan hingga membuat para juri berkata bahwa beliau dan para audience seakan terhipnotis dan terdiam, bahkan ada juri yang bertanya apakah dulu saya pernah menjadi seorang entertainment. hehe

Semua ini tidak lepas dari ridha Allah SWT sehingga saya mampu membuat hal yang biasa menjadi hal yang luar biasa. Hanya Allah yang mampu melakukan hal ini. Dan akhirnya masuk pada pengumuman juara yang membuat hati saya berdetak kencang. Saya berhasil naik peringkat dari peringkat 3 menjadi peringkat 1 dengan tambahan poin yang saya dapat dari babak presentasi. Tidak lupa saya sampaikan terima kasih pada para panitia yang sudah berkerja keras menyusun konsep acara sehingga acara berlangsung dengan sangat mengah 🙂 sampai jumpa di artikel selanjutnya 🙂

Ayo! Segera daftarkan email kamu untuk berlangganan!

Leave a comment