Bahasa Pemrograman Pertama Yang Harus Dikuasai

Bahasa Pemrograman Pertama Yang Harus Dikuasai – Menjadi master programmer bukanlah hal yang mudah! Butuh kerja keras dan jam terbang yang lama. Namun di jaman sekarang ini telah diciptakan bahasa pemrograman yang semakin mendekati bahasa manusia. Dari banyaknya bahasa pemrograman seringkali kita dihadapkan dengan kebingungan tentang bahasa pemrograman apa yang harus pertama kali di pelajari. iya kan ? 😀

Saya akan berbagi sedikit pengalaman saya tentang bahasa pemrograman apa yang harus pertama kali kamu kuasai. JAVA! ya! bahasa pemrograman JAVA. Kenapa ? Karena menurut pengalaman saya, banyak bahasa pemrograman lain yang meniru bahasa pemrograman java seperti Android, PHP, Javascript dan masih banyak lagi. Jadi ibarat peribahasa “SEKALI MENDAYUNG, DUA TIGA PULAU TERLAMPAUI” :D

First Programming Language Icaksama

Selain itu, menurut TIOBE salah satu lembaga riset yang telah beberapa tahun berupaya menganalisis tentang bahasa pemrograman paling populer di dunia memperoleh hasil bahwa bahasa pemrograman dengan peringkat pertama di pegang oleh bahasa C. Sedangkan bahasa Java berada di peringkat kedua. Woww! Kenapa tidak dimulai belajar dengan bahasa C ? Hmmm! Java juga di adopsi dari bahasa C kan ? Ya benar! tapi silahkan lihat bagaimana program dalam bahasa C. Jika kamu bilang mudah maka saya acungkan JEMPOL!

Bahasa C adalah bahasa pemrograman terstruktur. Sedangkan java adalah bahasa pemrograman yang mengobject sehingga Java jauh lebih mudah dipelajari. Menurut saya, bahasa C masuk peringkat pertama karena bahasa C banyak digunakan untuk membuat program hardware seperti robotik.

Jadi untuk menjadi programmer multi bahasa, saya sarankan mulailah berlajar dari bahasa pemrograman java. Oke demikian opini saya mengenai bahasa pemrograman yang pertama harus kamu kuasai. Semoga bermanfaat :)

Ayo! Segera daftarkan email kamu untuk berlangganan!

Leave a comment