Program Mendeteksi Bilangan Ganjil dan Genap

Program Mendeteksi Bilangan Ganjil dan Genap – Ada banyak hal yang harus kita pelajari tentang pemrograman. Tidak hanya kita memahami dan menguasai tapi jam terbang dalam dunia pemrograman juga sangat menentukan kita untuk menjadi programmer yang handal. Bukan hanya sekedar dasar program telah kita kuasai tapi berapa kasus program yang telah kita selesaikan. Dengan begitu kamu bisa disebut sebagai master programmer.

Java Mendeteksi Bilangan Ganjil dan Genap

Dan sekarang saya akan menunjukan dan menjelaskan sebuah program bagaimana cara memecahkan kasus dalam mendeteksi bilangan ganjil dan genap. Mungkin ini sangat mudah bagi yang sudah menguasai program tapi buat yang masih belajar menjadi programmer silahkan perhatikan program dibawah ini :

int nilai = 4;
if (nilai % 2 == 1) {
  System.out.println("odd number");
} else if (nilai % 2 == 0) {
  System.out.println("even number");
}

Output

even number

Program diatas akan menghasilkan tulisan event number/bilangan genap. Kenapa ? Karena dalam kondisi if terdapat perhitungan logika nilai % 2 == 1 dan nilai % 2 == 0. Apa maksudnya ? Silahkan buat yang belum paham tentang fungsi if dan Operator logika lebih baik pahami dulu Contoh Program if Java dan Mengenal Operator Aritmatika Java.

Tanda % (Hasil bagi) adalah bagian dari operator aritmatika yang memiliki fungsi untuk menghitung sisa pembagian. Perlu diingat! Opeartor ini berbeda dengan pembagian. Operator hasil bagi akan memberikan output bilangan yang sudah tidak bisa di bagi lagi dan jika kita telusuri sebenarnya ini adalah pengembangan dari operator pengurangan dan perkalian. Jadi misalkan terdapat rumus seperti 10 % 2 maka akan menghasilkan 0. Kenapa demikian ? Karena angka 2 akan mencari bilangan yang dikalikan dan menghasilkan angka terdekat dengan angka 10, angka tersebut adalah 5 karena 2 x 5 = 10 maka 10 % 2 = 0 atau 10 – (2 x 5) = 0 . Jadi rumus bayangannya adalah “angka % 2 = angka – (2 x angka terdekat)”. Lalu bagaimana jika terdapat rumus 10 % 3 ? Seharusnya kamu sudah bisa menebak hasilnya dengan menggunakan rumus bayangan. Benar! hasilnya adalah 1 karena angka yang dikalikan dengan 3 dan menghasilkan angka yang mendekati 10 adalah 3 karena 3 x 3 = 9 maka 10 % 3 = 1 atau 10 – (3 x 3) = 1.

Oke demikian tutorial bagaimana membuat program untuk mendeteksi bilangan ganjil dan genap. Pahami hingga kamu mengerti karea ini adalah dasar untuk mengasah logika program kamu. Semoga bermanfaat dan Sampai jumpa di tutorial berikutnya 🙂

Ayo! Segera daftarkan email kamu untuk berlangganan!

Leave a comment