Perulangan Java

Perulangan Java – Banyak yang harus kita tau tentang perulangan dalam pemrograman java. Perulangan/Iteration banyak digunakan oleh programmer dalam mengeksekusi program yang berulang secara instan seperti kita harus mengeluarkan hasil program yang dinamis secara berulang-ulang. Fungsi perulangan ini sering programmer pakai dalam berbagai macam kasus program. Namun, kita harus mengetahui perulangan mana yang paling cocok untuk kita gunakan dalam kasus program tertentu. Karena dalam java terdapat beberapa perulangan yang memiliki keistimewaan sendiri seperti while, do while dan for.

Apa itu perulangan ? Perulangan atau yang sering disebut sebagai looping adalah suatu bagian yang tidak terpisahkan dalam bahasa pemrograman khusunya java, dimana fungsi dari perulangan ini adalah untuk mengulangi suatu proses sesuai dengan yang diinginkan. Dengan adanya perulangan, pembuat program atau programmer tidak perlu menulis berkali-kali kode program. Perulangan membuat program lebih ringan karena kode yang digunakan diminimalkan.

Perulangan Java icaksama

Bagaimana bentuk perulangan ? Saya akan menjelaskan satu persatu perulangan dalam pemrograman java, namun sebelum kamu memahami tentang perulangan ini kamu harus mengerti terlebih dahulu tentang increment dan decrement dalam java, bisa kamu baca pada artikel Operator Increment dan Decrement Java. Jika sudah mengerti mari simak baik-baik tentang perulangan java :

Perulangan Java While

Perulangan While berfungsi untuk melakukan proses perulangan dengan satu atau beberapa kondisi dan selama kondisi tersebut dianggap benar maka perulangan akan terus dilakukan hingga kondisi perulangan dianggap salah. Format penulisaan perulangan While adalah sebagai berikut :

while (kondisi) {
  //programs
}

Perhatikan baik-baik contoh program berikut ini :

int i=1;
while (i <= 5) {
  System.out.println("Variable i : " + i);
  i++;
}

Output

Variable i : 1
Variable i : 2
Variable i : 3
Variable i : 4
Variable i : 5

Jika program diatas dijalankan, maka akan menghasilkan 5 kali perulangan. Dan pada saat perulangan ke 6 maka perulangan akan terhenti karena kondisi bernilai salah. Kenapa kondisi bisa bernilai salah ? Perhatikan pada kondisi while i <= 5, itu menandakan perulangan hanya akan dilakukan jika variable i dibawah sama dengan 5. Lalu bagaimana variabel i bisa bertambah dan lebih dari 5 ? Perhatikan bagian i++, program tersebut adalah teknik Increment yang akan melakukan penambahan 1 setiap kali perulangan terjadi. Baca artikel tentang Operator Increment dan Decrement Java

Perulangan Java Do While

Perulangan Do While adalah perulangan yang hampir mirip dengan perulangan while. Namun, perulangan do while akan mengeksekusi perulangan minimal satu kali walaupun kondisi perulangan bernilai salah sedangkan while tidak akan melakukan eksekusi jika kondisi perulangan bernilai salah. Lebih jelasnya silahkan baca artikel Perulangan Do While Java

Perulangan Java For

Perulangan For adalah perulangan yang memiliki variabel sendiri untuk membuat kondisi perulangan. Dalam perulangan for terdapat beberapa blok diantaranya blok membuat variabel, blok kondisi dan blok penaikan dan penurunan. Perhatikan format penulisan perulangan For :

for (variable inisialisasi; Condition; Increment/Decrement) {
  //Programs
}

Dibawah ini adalah contoh program dari perulangan for :

for (int i=1; i <= 5; i++) {
  System.out.println("Variable i : " + i);
}

Output

Variable i : 1
Variable i : 2
Variable i : 3
Variable i : 4
Variable i : 5

Berbeda dengan perulangan while dan do while, perulangan for memiliki blok tersendiri untuk melakukan penaikan dan penurunan variabel.

Dari ketiga perulangan di atas, mana yang menurut kamu paling simple ? pasti perulangan for. Tapi dari setiap perulangan pasti memiliki keistimewaan tersendiri jadi jangan hanya memakai perulangan for saja. Sesuaikan pemakaian sesuai dengan kasus program yang dihadapai. Demikian tutorial kali ini. Semoga bermanfaat 🙂

Ayo! Segera daftarkan email kamu untuk berlangganan!

Leave a comment