Perintah Break Dan Continue Pada Java

Perintah break dan continue pada Java adalah perintah yang mampu menghentikan atau meloncati proses perulangan. Kita tahu saat sebuah perulangan dijalankan kita tidak dapat menghentikan perulangan sampai kondisi dari perulangan tersebut bernilai salah. Baca tentang Perulangan Java. Dalam beberapa kasus kita perlu melakukan sebuah proses yang dapat menghentikan/meloncati/keluar dari perulangan jika terdapat program yang tidak ingin kita eksekusi dalam perulangan. Namun masih banyak programmer yang mengabaikan perintah break dan continue. Saya banyak melihat kasus program yang menghabiskan banyak baris padahal dengan memanfaatkan perintah break dan continue program tersebut akan lebih singkat. Perlu diingat, perintah break dan continue tidak hanya digunakan pada proses perulangan, tetapi bisa juga digunakan untuk fungsi lainnya seperti switch case. Dibawah ini akan saya jelaskan secara detail perintah break dan continue dalam java.

Perintah Break
Perintah break merupakan perintah yang dapat digunakan untuk menghentikan proses perulangan. Sebagai contoh saat kita memiliki program yang melakukan perulangan dari 1 sampai 50 dan kita ingin menghentikan/keluar dari proses perulangan tersebut saat perulangan ke 25 maka perintah break dapat melakukan hal ini. Dibawah ini adalah bentuk flowchart dari perintah break :

icaksama java_break_statement

 

Perintah break dapat dipakai dalam setiap fungsi perulangan java seperti for, while dan do while. Dibawah ini adalah bagan yang menjelaskan bagaimana perintah break berkerja dalam setiap perulangan java :

icaksama working-break

Sekarang saya akan menunjukan sebuah program perulangan yang memanfaatkan perintah break untuk menghentikan/keluar dari proses perulangan tersebut. Program ini menggunakan perulangan for yang akan melakukan proses perulangan dari 1 sampai 50 dan akan dihentikan pada perulangan ke 25. Berikut adalah bentuk programnya :

for (int i=1; i<=50; i++) {
  System.out.println (i);
  if (i == 25) {
    break;
  }
}

Program diatas hanya akan mencetak angka 1 sampai 25, karena pada saat perulangan mencapai 25 program akan dihentikan oleh perintah break.

Perintah Continue

Perintah continue adalah perintah yang dapat digunakan untuk meloncati proses perulangan. Perintah continue berbeda dengan perintah break yang menghentikan proses perulangan, namun perintah continue hanya akan meloncati proses perulangan dan proses perulangan masih tetap berjalan. Sebagai contoh terdapat perulangan dari 1 sampai 100 dan kita ingin meloncati perulangan jika perulangan bernilai genap maka perintah continue dapat digunakan untuk mengatasi ini. Dibawah ini adalah bentuk flowchart dari perintah continue :

icaksama java_flowchart_of_continue_statement

Perintah continue dapat digunakan dalam berbagai perulangan java seperti for, while, do while. Mungkin kamu akan lebih paham bagaimana cara kerja perintah continue dalam setiap bentuk perulangan java dengan melihat gambar di bawah ini.

icaksama java working-continue

 

Dibawah ini adalah contoh program perulangan for yang menggunakan perintah continue untuk meloncati proses perulangan.

for (int i=1; i<=50; i++) {
  if (i % 2 == 0) {
    continue;
  }
  System.out.println (i);
}

Program diatas akan melakukan proses perulangan dari 1 sampai 50 dan hanya akan mencetak bilangan ganjil seperti 1, 3, 5, 7, … . Kenapa ? karena terdapat pengkondisian, jika terdeteksi perulangan berada pada bilangan genap maka jalankan perintah continue sehingga program dibawahnya tidak akan di jalankan dan akan melanjutkan ke perulangan berikutnya.

Sebagai programmer kita perlu mengetahui banyak perintah-perintah java seperti ini. Kenapa ? karena dengan perintah ini kita dapat mempersingkat baris program dan lebih menghemat resource komputer. Tanpa perintah seperti ini saya yakin kamu akan membuat program yang panjang untuk menangani kasus-kasus diatas.

Demikian tutorial kali ini. Semoga kamu mampu memanfaatkan perintah ini jika memang diperlukan dan dapat mempersingkat baris program yang kamu buat. 🙂

Ayo! Segera daftarkan email kamu untuk berlangganan!

Leave a comment