Penjelasan Operator Java

Operator java adalah tanda atau simbol yang dipakai untuk menyatakan suatu operasi atau manipulasi nilai. Operator adalah dasar pemrograman java yang wajib di hafal di luar kepala. Jika kamu belum bisa menghafal operator dalam java maka jangan sekali-kali melangkah ke tahap berikutnya. Dalam mata pelajaran matematika, operator pasti sering kamu gunakan, jadi seharusnya kamu tidak heran dengan melihat operator-operator dalam java. Namun ada beberapa operator yang berbeda pada umumnya seperti perkalian yang biasanya menggunakan tanda (x) tapi dalam dunia pemrograman menggunakan tanda (*) atau tanda koma yang biasanya kita menggunakan tanda (,) tapi dalam java menggunakan tanda titik (.). Opeartor dalam java jauh lebih banyak dari pada operator dalam matematika karena tidak hanya memanipulasi angka. Dalam java terdapat 4 jenis operator, mari simak lebih dalam tentang apa saja operator dalam java.

Operator Aritmatika

Operator ini digunakan untuk mengolah angka seperti tambah, kurang, bagi, kali, dan sisa pembagian. Namun seperti yang sudah saya tulis diatas bahwa ada beberapa perbedaan seperti perkalian yang harusnya menggunakan tanda tapi dalam java menggunakan tanda *. Lihat tabel di bawah :

Penjelasan Operator Java

Jika belum jelas silahkan simak lebih dalam tentang Operator Aritmatika Java

Operator Penugasan

Operator penugasan adalah pengembangan dari Operator Aritmatika. Pengembangan ini dengan menambahkan tanda = di depan operator aritmatika. Tujuannya adalah untuk membuat baris program agar lebih singkat. Simak lebih dalam tentang Operator Penugasan Java

Penjelasan Operator Java

Operator Pembanding

Operator ini digunakan untuk mengolah angka menjadi rumus logika. Rumus logika adalah manipulasi nilai yang hanya akan menghasilkan nilai boolean yaitu true (benar) atau false (salah). Operator ini berbeda dengan operator aritmatika yang digunakan juga untuk mengolah angka. Operator aritmatika akan menghasilkan angka sedangkan operator pembanding hanya menghasilkan nilai true atau false. Pelajari lebih dalam mengenai Operator Pembanding Java

Penjelasan Operator Java

Operator Logika

Operator logika digunakan untuk penggunaan dua atau lebih rumus logika. Operator logika biasanya digabungkan dengan operator pembanding.

Penjelasan Operator Java

Penggunaan operator && (Dan) :

Penjelasan Operator Java

Penggunaan operator || (Atau) :

Penjelasan Operator Java

Simak lebih dalam mengenai Operator Logika Java

Demikian pembahasan kali ini. Semoga kamu mampu menghafal 4 jenis operator dalam java sebelum melangkah ke pembelajaran selanjutnya.

Download Project Operator Java 🙂
Baca tutorial selanjutnya Belajar Percabangan If Pemrograman Java

Ayo! Segera daftarkan email kamu untuk berlangganan!

Leave a comment