Penjelasan Modifier Java

Modifier adalah fungsi yang membatasi pengaksesan kelas lain terhadap atribut atau metode dalam kelas saat ini. Modifier sering digunakan dalam teknik Object Oriented Programming (OOP) atau yang sering kita kenal sebagai pemrograman berorientasi object. Modifier mendefinisikan akses kelas lain terhadap kelas saat ini apakah boleh di akses atau tidak. Pemrograman java telah mendukung adanya 4 modifier diantaranya private, public, protected dan tanpa modifier. Berikut adalah penjelasan dari keempat modifier tersebut :

  • private : Hanya dapat diakses oleh kelas itu sendiri
  • Public : Dapat diakses oleh seluruh kelas biarpun dalam beda package
  • Protected : Hanya dapat diakses oleh kelas itu sendiri dan kelas turunannya serta harus dalam satu package yang sama.
  • Tanpa Modifier : Hanya dapat diakses oleh kelas-kelas yang berada pada satu package yang sama.

Modifier Java

Contoh Modifier Java

Sebagai contoh terdapat dua kelas dalam dua package yang berbeda. Kelas pertama dengan nama Sample.java yang isi programnya sebagai berikut :

package icaksama.com.modifier;
public class Sample {

  private String Nama;
  public String Alamat;
  protected String JK;
  String Status;
}

Didalam kelas tersebut terdapat 4 variabel yang memiliki 4 modifier yang berbeda private, public, protected dan tanpa modifier. Kemudian terdapat juga satu kelas dengan nama IcaksamaModifier.java yang berada pada pacakge yang berbeda dengan kelas Sample.java. Kelas ini digunakan untuk memanggil variabel yang berada dalam kelas Sample.java. Berikut isi programnya :

import icaksama.com.modifier.Sample;
public class IcaksamaModifier {

  public static void main(String[] args) {
    Sample objSample = new Sample();
    objSample.Alamat = "";
    objSample.Nama = "";
    objSample.JK = "";
    objSample.Status = "";
  }
}

Kelas diatas memanggil seluruh variabel yang berada dalam kelas Sample.java dengan menggunakan Instansiasi. Terdapat kesalahan dalam kelas ini saat pemanggialan variabel tersebut. Berikut penjelasan kesalahannya :

Kesalahan terjadi pada pemanggilan variabel Nama, JK dan Status (objSample.Nama, objSample.JK, objSample.Status), Kenapa ? Silahkan lihat penjelasannya kembali dari setiap modifier di awal artikel ini. Sekarang coba kamu pindah kelas Sample.Java kedalam satu package yang sama dengan IcaksamaModifier.java maka error hanya terdapat saat pemanggilan variabel nama saja (objSample.Nama). Demikian tutorial kali ini. Semoga bermanfaat 🙂

Ayo! Segera daftarkan email kamu untuk berlangganan!

Leave a comment