Penjelasan Method Java

Metode atau Method adalah sebuah container/penampung yang mampu menampung sekelompok baris program yang memiliki proses tertentu. Metode sering digunakan untuk mempersingkat baris program yang akan digunakan berulang-ulang. Metode juga sering digunakan dalam Object Oriented Programming (OOP). Metode berada dalam kelas dan satu kelas mampu memiliki banyak metode. Jika kamu telah artikel saya tentang Pengertian Kelas Javaini berarti metode adalah manusia di dalam rumah/kelas. Seperti kelas, metode juga memiliki aturan dalam pembuatannya. Berikut adalah beberapa aturan dalam pembuatan Method:

  • Nama method boleh sama asalkan memiliki parameter yang berbeda
  • Harus diawali dengan huruf
  • Nama method tidak boleh terdapat karakter unik seperti @, #, %, dan lain-lain
  • Nama method tidak boleh mengandung karakter putih atau spasi

Method memiliki beberapa tipe yaitu method dengan pengembalian (fungsi) dan method tanpa pengembalian (prosedur). Jika diibaratkan dalam kehidupan manusia ini berarti sifat manusia yang berbeda-beda yang ada dalam sebuah rumah. Berikut adalah penjelasan dari jenis metode dalam java :

  • Method fungsi : adalah metode yang memiliki nilai balik jika metode ersebut dipanggil, cara pembuatan sebuah fungsi adalah dengan menentukan nilai baliknya lali membuat nama metodenya.
  • Metode Prosedur : adalah metode yang tidak memiliki nilai balik, cara pembuatannya sama dengan method fungsi namun nilai baliknya menggunakan kata kunci void.

Penjelasan Method Fungsi

Method Fungsi wajib memiliki kata kunci return di dalamnya. Karena jika tidak, program akan menghasilkan error biarpun program didalamnya telah di anggap benar. Ini adalah ciri khas dari metode fungsi yang perlu kamu ingat. Karena biasanya, saat pembuatan metode fungsi pasti akan terjadi error sebelum kita memasukan kata return di dalam metode tersebut dan hal ini sering diabaikan oleh programmer pemula. Berikut adalah format penulisannya :

modifier object namaMethod(object parameter) {
  baris program
  return object;
}

Terdapat 2 kata object dalam metode fungsi, dan keduanya harus memiliki tipe yang sama. Kata object dalam metode tersebut adalah bentuk nilai yang dikembalikan saat metode fungsi dipanggil/dieksekusi. Nilai yang dikembalikan dapat berupa variabel atau kelas. Jadi sebelum kamu membuat metode fungsi, kamu harus sudah menentukan nilai apa yang akan dikembalikan sehingga penulisan object dalam pembuatan metode tersebut sudah diketahui. Sebagai contoh jika nilai yang dikembalikan bertipe variabel float maka nama objectnyapun harus float. Mari ikuti pembahasan selanjutnya hingga mengerti bagaimana bentuk penulisan programnya.

Penjelasan Method Prosedur

Method Prosedur tidak menggunakan nilai pengembalian dan harus menggunakan kata void. Ini adalah ciri khas dari metode prosedur yaitu harus menggunakan kata void. Kesalahan yang sering terjadi pada programmer pemula adalah memasukan kata void dan terdapat return didalam metodenya. Kamu harus bisa membedakan mana ciri khas dari metode fungsi dan metode prosedur karena biasanya hal inilah yang sering diabaikan. Berikut adalah format penulisan  metode prosedur :

modifier void namaMethod(object parameter){
  baris program
}

Dari pembahasan kedua format penulisan metode fungsi dan prosedure diatas terdapat kata modifier, apa itu modifier ? baca tentang Penjelasan Modifier JavaPasti kamu penasaran bagaimana bentuk program dari metode fungsi dan proseudr. Perhatikan program dibawah ini dan silahkan bedakan mana yang metode fungsi dan mana yang metode prosedur :

public class IcaksamaMethod {
  private int nilai;
  public int getNilai() {
    return nilai;
  }
  public void setNilai(int nilai) {
    this.nilai = nilai;
  }
}

Pada program diatas, bisa kamu lihat pada bagian metode fungsi dengan nama getNilai(). Metode tersebut mengembalikan nilai bertipe int yaitu return nilai; sehingga penulisan metodenya pun harus menggunakan int yaitu public int getNilai();

Pada metode prosedur dengan nama setNilai terdapat kata void. Dan inilah ciri khas dari metode prosedur ini. Namun terdapat kata this dalam metode prosedur tersebut. Apa maksudnya ? Silahkan baca Maksud Kata this dalam Java

Kesimpulan yang perlu kamu ingat :

  • Ciri khas metode adalah memiliki tanda kurung buka tutup (). Kenapa kurung kurawal tidak menjadi ciri khas metode ? karena class juga memiliki kurung kurawal.
  • Methode Fungsi harus memiliki pengembalian atau harus memiliki kata return.
  • Methode Prosedur harus memiliki kata void

Oke! dimikian tutorial kali ini. Semoga kamu mengerti bagaimana metode dan cara membedakan antara metode fungsi dan prosedure dalam java. 🙂
Silahkan download sample projectnya Disini

Ayo! Segera daftarkan email kamu untuk berlangganan!

Leave a comment