Pengertian Program JAVA , JDK, JVM dan NetBeans IDE

Mengerti apa itu JAVA , JDK, JVM dan NetBeans IDE adalah hal wajib sebelum kamu belajar tentang bahasa pemrograman java. Banyak programmer yang langsung loncat ke pemahaman program sebelum mengerti alur sistem java dan editor apa saja yang harus digunakan untuk menjadi programmer java. Java adalah bahasa pemrograman tingkat tinggi dibuat dan dipimpin oleh James Gosling saat masih bergabung di Sun Microsystems, Namun saat ini bahasa pemrograman java merupakan bagian dari Oracle dan telah dirilis tahun 1995. Bahasa ini banyak mengadopsi bentuk program yang terdapat pada bahasa C dan C++, namun dengan bentuk program yang lebih sederhana. JAVA adalah bahasa multiplatform atau dapat berjalan di hampir semua platform, dan banyak digunakan pada komputer ataupun perangkat Handphone dan Device lainnya seperti Android. Nama JAVA terinspirasi dari kopi JAWA, makanya icon java berbentuk cangkir kopi. Selengkapnya bisa kamu baca disini http://id.wikipedia.org/wiki/Java

Aplikasi Java diciptakan dengan file teks berekstensi .java. Program ini dikompilasi menghasilkan satu berkas bytecode berekstensi .class atau lebih. Bytecode adalah serangkaian instruksi serupa instruksi kode mesin. Perbedaannya adalah kode mesin harus dijalankan pada sistem komputer dimana kompilasi ditujukan, sementara bytecode berjalan pada java interpreter yang tersedia di semua platform sistem komputer dan sistem operasi. Mari simak lebih lanjut.
Pengertian Program JAVA , JDK, JVM dan NetBeans IDE
Cara Kerja Bahasa Java

1. JDK (Java Development Kit)
JDK adalah Perangkat lunak yang digunakan untuk melakukan proses kompilasi dari kode java ke bytecode yang dapat dimengerti dan dapat dijalankan oleh JRE (Java Runtime Envirotment). JDK wajib terinstall pada komputer yang akan melakukan proses pembuatan aplikasi berbasis java, namun tidak wajib terinstall di komputer yang akan menjalankan aplikasi yang dibangun dengan java.

2. JVM (Java Virtual Machine)
JVM adalah inti dari Bahasa Java. JVM berfungsi untuk mengubah bahasa program yang kawan buat menjadi bahasa mesin, Karena bahasa java adalah bahasa pemrograman tingkat tinggi atau mendekati bahasa manusia maka dibutuhkan pengkonversi ke bahasa mesin. JVM mampu menerjemahkan program yang kawan buat ke hampir semua platform. “write once, run everywhere” itulah slogan dari bahasa pemrograman java karena adanya JVM.

3. JRE (Java Runtime Environment)
JRE adalah perangkat lunak yang digunakan untuk menjalankan aplikasi yang dibangun menggunakan java. Versi JRE harus sama atau lebih tinggi dengan JDK yang dugunakan untuk membangun aplikasi java.

4. NetBeans IDE
Netbeans IDE adalah perangkat lunak yang digunakan untuk membangun perangkat lunak yang lain. Netbeans IDE dapat digunakan untuk membangun perangkat lunak berbasis J2SE, J2EE, J2ME, JavaFX, PHP, C/C++. Ruby, Groovy dan Python.

Jadi kesimpulannya :

  • JVM ada di dalam JRE dan JDK.
  • JRE untuk “Menjalankan” program Java
  • JDK untuk “Mengkompilasi” program Java
  • NetBeans IDE untuk “Membuat” program java

Ini adalah awal yang harus kamu ketahui tentang java. Masih banyak hal lagi yang harus dipelajari untuk menjadi programmer java. Mari kita sama-sama belajar tentang java bersama saya di website icaksama.COM dan jangan lupa baca Tutorial Selanjutnya Belajar Kelas, Tipe Data dan Variabel Java 🙂

Ayo! Segera daftarkan email kamu untuk berlangganan!

Comments (1)

Leave a comment