Pengertian Kelas Java

Dalam pemrograman java hal pertama yang harus kita mengerti adalah kelas. Karena kelas adalah objek dasar yang menampung kumpulan program yang kita miliki. Java merupakan pemrograman berorientasi objek yang menggunakan sebuah kelas untuk mengelompokan program, berbeda dengan pemrograman terstruktur yang tidak memiliki kelas didalamnya sehingga baris programnya pun sangat panjang. Dengan kelas kita dapat mengelompokan program-program yang kita miliki sesuai fungsinya masing-masing dan kita hanya menggunakan objek kelas tersebut untuk memanggil program-program di dalamnya. Java membuat program jauh lebih mudah karena lebih mengobjek dibandingkan pemrograman C yang terstruktur. Mungkin kamu masih bingung tapi mari kita telusuri lebih jauh tentang kelas java.

Aturan Kelas Java

Cara mudah kita mengerti sebuah kelas adalah menyamakannya dengan rumah. Rumah memiliki banyak perabotan dan tentunya menjadi tempat tinggal manusia di dalamnya. Nah, perabotan dan manusia inilah yang di ibaratkan sebagai program didalamnya. Dalam rumah pasti memiliki aturan yang harus ditaati untuk tinggal dirumah tersebut, begitu juga dengan kelas. Kelas memiliki aturan yang tidak boleh dilanggar, berikut adalah aturan-aturan dalam kelas :

  1. Nama kelas harus sama dengan nama file
  2. Nama kelas harus diawali dengan huruf
  3. Nama kelas tidak boleh sama dalam satu package
  4. Nama kelas tidak boleh diawali dengan karakter unik seperti @, #, %, dan lain-lain
  5. Nama kelas tidak boleh mengandung karakter putih seperti spasi atau tab

Contoh Kelas Java

Dalam aturan-aturan diatas terdapat kata yang mungkin belum kamu mengerti yaitu package/paket. Jika di ibaratkan dalam kehidupan kita, pakcage/paket berarti adalah sebuah nama jalan dimana dalam jalan tersebut terdapat banyak rumah dengan nomor rumah yang berbeda-beda. Nah begitu juga dengan paket, dalam paket juga terdapat banyak kelas dan kita diharuskan memberikan nama kelas tersebut berbeda serta harus memasukan nama paket tersebut di dalam kelas. Lalu seperti apa bentuk paket itu ? Coba perhatikan gambar dibawah :

projects-window2

Dari gambar diatas bisa kamu lihat, seperti itulah bentuk package/paket java yang digunakan untuk mengelompokan beberapa kelas. Mari kita lanjutkan hingga kamu mengerti bagaimana bentuk kelas dalam sebuah program.

Aturan-aturan diatas biasanya belum diketahui oleh programmer pemula. Dari beberapa aturan diatas, ada aturan yang paling sering diabaikan oleh programmer pemula yaitu pada penamaan kelas dan nama file yang berbeda serta pembuatan nama file yang menggunakan karakter putih. Saya harap hal ini bisa kamu ingat baik-baik 🙂

Dari tadi kita hanya berbicara soal kelas. Lalu seperti apa program kelas java itu ? Oke, Jika memang kamu telah memahami dan ingat aturan-aturan diatas, sekarang kita akan memasuki program. Dalam program, pembuatan kelas menggunakan kata class, contoh program kelas sederhana adalah sebagai berikut :

class RumahNo30 {
  //baris program dalam kelas
}

Program diatas adalah sebuah kelas dengan nama RumahNo30 dan tentunya nama filenya juga harus sama dengan nama kelas tersebut yaitu RumahNo30.java. Mungkin ada yang bertanya, dimana posisi paket yang diibaratkan nama jalan dan harus dimasukan dalam program ? Saat kita membuat projek java di netbeans atau eclipse maka secara otomatis paket juga akan terbuat. Perhatikan program dibawah ini yang memasukan paket didalamnya :

Contoh Paket Kelas Java

package jalankenanga;
class RumahNo30 {
  //baris program dalam kelas
}

Bisa kamu lihat bagian mana yang dianggap package ? Ya benar! nama package dari kelas RumahNo30 adalah jalankenanga. Saat kita memasukan nama package dalam program maka harus diawali dengan tulisan package dan kemudian disertai dengan nama packagenya. Lalu bagaimana jika kelas tidak memiliki package ? Itu ibarat rumah yang tidak memiliki nama jalan dan bagaimana orang akan tau rumah kamu jika alamat jalannya saja tidak ada ? tentunya itu tidak diperbolehkan dalam java.

Oke sepertinya kita sudah cukup membahas bagaimana kelas dalam java. Saatnya ke step berikutnya Belajar Tipe Data dan Variabel Java

Ayo! Segera daftarkan email kamu untuk berlangganan!

Leave a comment