Pengertian dan Keguanaan Package Java

Pengertian dan Keguanan Package Java – Banyak programmer pemula yang belum mengerti secara keseluruhan struktur project direktori java. Dalam struktur project java, terdapat satu nama yang sering kita sebutkan tapi kita tidak tau arti secara spesifik. Yaitu package atau dalam bahasa indonesia adalah paket.

Package adalah sebuah container atau penampung yang digunakan untuk menampung file *.java. Package ini biasanya digunakan untuk mengelompokan file-file *.java agar lebih mudah dalam membedakan file java sesuai kegunaannya. Sebagai contoh saat kita kita memiliki 9 file *.java yang memiliki kegunaan yang berbeda dan dari 9 file java tersebut 3 untuk Model, 3 untuk View dan 3 untuk Controller (MVC), maka kita perlu membuat 3 package yang masing-masing package berisi pengelompokan file java tersebut.

icaksama Pengertian dan kegunaan package java

Sebenarnya package ini hanya berupa folder biasa jika kita melihat struktur direktori project dalam folder src dari windows explorer. Namun saat package bernama icaksama.com.package maka dalam windows explorer tidak terlihat seperti nama package tersebut, melainkan akan terlihat 3 subdirektori yang mewakili tanda titik (.) dari nama package. Berarti akan terdapat folder icaksama lalu saat folder icaksama dibuka akan terlihat folder com dan saat folder com dibuka akan terlihat folder package.

Contoh Package Java

Package juga berguna untuk membedakan pemakaian kelas dengan nama yang sama. Sebagai contoh, Saat terdapat file dengan nama AKelas.java di package icaksama.com.kelas dan file AKelas.java di package icaksama.com.util maka saat kita ingin memanggil AKelas.java di package tertentu maka kita harus menyertakan kata import disertai nama packagenya supaya program tidak bingung terhadap kelas di package mana yang akan digunakan. Perhatikan prgram dibawah ini :

package icaksama.com.kelas;

import icaksama.com.util.AKelas;
public class Util {
  public static void main(String[] args) {
    AKelas objAKelas = new AKelas();
  }
}

Program diatas memanggil kelas AKelas pada package icaksama.com.util saat proses instansiasi sehingga kita diharuskan memasukan lokasi package dari kelas AKelas melalui kata import icaksama.com.util.AKelas;. Demikian penjelasan artikel kali ini mengenai pengetian dan kegunaan package java. Semoga bermanfaat! 🙂

Ayo! Segera daftarkan email kamu untuk berlangganan!

Leave a comment