Operator Increment dan Decrement Java

Operator Increment dan Decrement Java – Dalam pemrograman java banyak cara yang dapat digunakan dalam mempersingkat baris program. Salah satunya adalah Operator Increment dan Decrement Java, Operator ini adalah pengembangan dari Operator AritmatikaDalam penambahan dan pengurangan sederhana, Java menyediakan operator khusus yaitu Increment (x++) dan Decrement (x–). Apa itu Operator Increment dan Decrement ? Operator Increment adalah operator yang melakukan penambahan dengan nilai 1 setiap kali operator tersebut di eksekusi sedangkan Decrement sebaliknya.Operator ini sering dipakai dalam fungsi Perulangan Java. Penggunaan operator ini hampir mirip dengan Operator Penugasan. Dibawah ini adalah fotmat penulisan dari Operator Increment dan Decrement Java :

x++
++x
x--
--x

Apakah ada perbedaan antara x++ dan ++x ?

Ada! Operator x++ adalah operator Post Increment sedangkan Operator ++x adalah Operator Pre Increment begitu juga dengan operator decrement. Sekarang perhatikan contoh program berikut ini :

Post Increment

int a=5;
System.out.Println("Variable a++ = " + (a++));
System.out.Println("Variable a = " + a);

Output :

Variable a++ = 5
Variable a = 6

Pre Increment

int a=5;
System.out.Println("Variable ++a = " + (++a));
System.out.Println("Variable a = " + a);

Output :

Variable a++ = 6
Variable a = 6

Sekarang paham perbedaanya ? Jadi Post Increment (x++) akan memberikan hasil penambahan setelah x++ di eksekusi sedangkan Pre Increment akan memberikan hasil penambahan saat ++x di eksekusi. Demikian tutorial kali ini. Semoga kamu semakin mengerti tentang kemudahan pemrograman java 🙂

Ayo! Segera daftarkan email kamu untuk berlangganan!

Leave a comment