Method Override Java

Metode override adalah pembuatan ulang metode yang telah dibuat pada kelas induk. Sebelum belajar tentang metode override java, silahkan baca terlebih dahulu artikel tentang Inheritance JavaMetode override di tandai dengan kata @Override di atas nama metode. Metode override adalah teknik yang sering dipakai saat sebuah kelas telah mewarisi kelas lain dan ingin membuat ulang metode yang sebelumnya telah dibuat pada kelas indux. Saya contohkan dalam kehidupan kita, Saat orang tua kita memiliki 3 anak dan masing-masing anak diberikan warisan berupa uang, dan dari setiap anak tersebut memanfaatkan uang tersebut untuk tujuan yang berbeda. Inilah yang dimaksud Override, Setiap anak diberikan hal yang sama namun menghasilkan hal yang berbeda.

Override Java

Contoh Override Java

Berikut adalah contoh kelas induk :

public class Induk {
 public String Ibu;
 public String Ayah;

 public String getAyah() {
  return Ayah;
 }

 public void setAyah(String Ayah) {
  this.Ayah = Ayah;
 }

 public String getIbu() {
  return Ibu;
 }

 public void setIbu(String Ibu) {
  this.Ibu = Ibu;
 }
}

Kelas di atas memiliki 2 attribut, 2 Metode Fungsi dan 2 Metode ProsedurObjek dari kelas di atas nantiya akan diturunkan pada kelas anak. Berikut program dari kelas anak :

public class Anak extends Induk {

  //Method override pembuatan ulang method dari kelas induk
  @Override
  public void setIbu(String Ibu) {
    super.setIbu("Ibu tercinta");
    System.out.println("Ibu : " + super.getIbu());
  }
}

Dari kelas anak diatas terdapat contoh dari metode setIbu yang dibuat ulang (Override) oleh kelas anak yang sebelumnya method tersebut telah dibuat pada kelas induk. Coba kamu perhatikan terdapat kata super.setIbu, program tersebut sebenarnya memanggil method dari kelas induk tanpa melakukan instansiasi.  Berarti secara tidak langsung method Override setIbu pada kelas anak masih menggunakan program method setIbu dikelas induk namun ditambahi dengan program System.out.println(“Ibu : ” + super.getIbu()); untuk mengeluarkan tulisan nama ibu dan memanggil method getIbu pada kelas induk (super.getIbu()). Ini lah maksud pengembangan dari method yang telah dipanggil di kelas induk. Untuk memahami kata super silahkan kamu baca artikel tentang Penjelasan Inheritance Java.

Kemudian saya membuat satu kelas lagi yang tujuannya memakai kelas anak dan digunakan sebagai kelas utama dengan cara InstansiasiBerikut contoh programnya :

public class KelasUtama {

  public static void main(String[] args) {
    Anak objAnak = new Anak();
    objAnak.setIbu("Ibu Saya");
    objAnak.setAyah("Ayah Saya");
  }
}

Hasil :

Ibu : Ibu tercinta

Bisa kamu lihat program di atas hanya mengeluarkan output “Ibu : Ibu tercinta”. Ini membuktikan bahwa pemanggilan metode setIbu diambil dari metode yang telah teroverride di kelas anak sedangkan pemanggilan metode setAyah dipanggil dari kelas induk yang belum teroverride sehingga tidak mengeluarkan output apa-apa.
Demikian maksud dari method override java. Semoga bermanfaat!
Download programnya disini

Ayo! Segera daftarkan email kamu untuk berlangganan!

Leave a comment