Mengenal Operator Penugasan Java

Operator penugasan java adalah operator yang digunakan untuk operasi aritmatika dengan rumus yang telah di sederhanakan. Operator penugasan java ini biasanya di pakai untuk teknik increament dan decreament. Dari artikel sebelumnya mengenai Penjelasan Operator JavaKamu pasti masih penasaran bagaimana penerapan operator ini dalam sebuah program. Mari simak lebih dalam mengenai operator ini.

Penjelasan Operator Penugasan Java

Operator penugasan adalah operator khusus yang dikembangkan dari Operator Aritmatika yang di gabungkan dengan tanda = (sama dengan). Operator ini adalah bentuk lain dari operator aritmatika dan memiliki beberapa keistimewaan seperti penulisan baris program yang lebih sedikit dari pada menggunakan operator aritmatika.

Penjelasan Operator Java

Contoh Operator Penugasan Java

Coba perhatikan rprogram di bawah ini.

public class OpeartorPenugasan {

 public static void main(String[] args) {
  int varTambah = 10;
  varTambah += 5;
  System.out.println(varTambah);

  int varKurang = 10;
  varKurang = varKurang - 5;
  System.out.println(varKurang);

  int varKali = 10;
  varKali *= 5;
  System.out.println(varKali);

  int varBagi = 10;
  varBagi = varBagi / 5;
  System.out.println(varBagi);

  int varSisa = 10;
  varSisa %= 5;
  System.out.println(varSisa);
 }
}

Dari contoh program diatas, terdapat program varTambah += 5. Maksud dari program tersebut adalah kita melakukan penambahan pada nilai variabel varTambah dengan angka 5. jika ditulis dengan menggunakan rumus standar maka bentuknya menjadi seperti ini varTambah = varTambah + 5. Inilah kesitimewaan dari operator penugasan karena penggunaan rumus dapat lebih singkat dari pada menggunakan operator aritmatika.
Demikian tutorial kali ini, semoga bermanfaat 🙂

Ayo! Segera daftarkan email kamu untuk berlangganan!

Leave a comment