Mengenal Operator Aritmatika Java

Operator Aritmatika Java adalah operator yang digunakan untuk mengolah angka. Operator ini sering kita gunakan dalam proses perhitungan sehari-hari, jadi seharusnya akan mudah kamu mengerti. Operator Aritmatika Java memiliki beberapa operasi seperti tambah, kurang, bagi, kali, dan sisa pembagian. Dalam pelajaran matematika sering kamu jumpai operator ini. Namun, ada beberapa perbedaan seperti perkalian yang harusnya menggunakan tanda tapi di java menggunakan tanda *. Pada artikel sebelumnya Penjelasan Operator Javasudah saya singgung apa saja operasi dalam operator ini.

Penjelasan Operator Aritmatika Java

Berikut adalah simbol operator dari operator aritmatika.

Penjelasan Operator Java

Dari tabel operator aritmatika diatas, saya yakin operator yang tidak pernah kamu pakai adalah operator sisa pembagian (%).

Contoh Operator Aritmatika Java

Sebelum saya jelaskan bagaimana cara kerja operator sisa pembagian silahkan perhatikan terlebih dahulu program dibawah ini.

package icaksama.com.operatorjava;

public class OperatorAritmatika {

 public static void main(String[] args) {

  int hasilTambah = 10 + 10;
  System.out.println(hasilTambah);

  int hasilKurang = 10 - 5;
  System.out.println(hasilKurang);

  int hasilKali = 10 * 10;
  System.out.println(hasilKali);

  int hasilBagi = 10 / 2;
  System.out.println(hasilBagi);

  int hasilSisaBagi = 10 % 3;
  System.out.println(hasilSisaBagi);
 }
}

Output :

20
5
100
5
1

Program di atas adalah penerapan dari seluruh operator aritmatika. Dari keempat operator artimatika, saya yakin masih ada kebingungan pada operator sisa pembagian. Operator sisa pembagian (%) atau modulus (mod)  adalah pengembangan dari operator pembagian (/) namun yang di hasilkan dari operator sisa pembagian bukan nilai baginya melainkan nilai yang sudah tidak dapat di bagi lagi. Sebagai contoh dari program di atas, 10%3 menghasilkan output 1. Kenapa ? Mari simak lebih dalam kenapa bisa menghasilkan satu.

Cara perhitungan gampang untuk memahami operator sisa pembagian kurang lebih sebagai berikut :

Cari bilangan yang dikalikan dengan bilangan pembagi yang hasilnya mendekati dan dibawah/sama dengan bilangan yang di bagi. Dalam kasus diatas, bilangan pembagi adalah 3 dan bilangan yang di bagi adalah 10. Berarti kita harus mencari bilangan yang dikalikan dengan 3 yang hasilnya mendekati atau sama dengan 10. Kira-kira angka berapa ? Ya benar angka 3! Jadi perhitungannya sebagai berikut, 3×3=9, ini sama saja 10/9 dan sisa yang tidak bisa di bagi adalah 1. Contoh kedua adalah 12%3, Bilangan terdekat adalah 4 jadi 3×4=12 sehingga 12/12 menghasilkan sisa pembagian 0.

Ayo! Segera daftarkan email kamu untuk berlangganan!

Leave a comment