Maksud Kata this dalam Java

Kata kunci this dalam java adalah fungsi yang digunakan untuk menyatakan objek di kelas itu sendiri. Penjelasan singkatnya adalah untuk menyatakan object global yang ada dalam kelas tersebut. Sebagai contoh jika kita membuat sebuah Method yang memiliki nama parameter yang sama dengan nama variabel kelas maka penambahan kata kunci this inilah yang membedakan mana variabel global (yang dimiliki kelas) dan mana variabel parameter (yang dimiliki method). Kata this ini digunakan untuk variabel kelas sedangkan yang tanpa this adalah untuk parameter method. Ini adalah teknik dalam pemrograman java untuk membedakan dua nama variable yang sama.

Maksud kata this dalam java

Contoh Penggunaan Kata this dalam Java

Perhatikan contoh program berikut :

package icaksama.com.util;
public class Siswa {

 private String Nama;
 private String NIS;

 public String getNIS() {
  return NIS;
 }

 public void setNIS(String NIS) {
  this.NIS = NIS;
 }

 public String getNama() {
  return Nama;
 }

 public void setNama(String Nama) {
  this.Nama = Nama;
 }
}

Program diatas tedapat dua variabel dengan nama yang sama, satu variabel kelas dan yang satu variabel dari parameter method. Kamu lihat pada saat pemakaian this pada program. Saya ambil bagian program this.Nama = Nama;. Kira – kira mana variabel yang dimiliki kelas dan mana variabel yang dimiliki method ? Ya benar! yang memiliki kata this adalah variabel yang dimiliki kelas sedangkan yang tanpa this dimiliki method.

Perlu di ingat! Penggunaan kata this tidak hanya digunakan untuk variabel tetapi juga dapat digunakan untuk class. Intinya this ini dikaitkan dengan object yang sekarang bukan dari object yang lain. Demikian tutorial kali ini. Semoga bermanfaat 🙂

Ayo! Segera daftarkan email kamu untuk berlangganan!

Leave a comment