Contoh Array 1 Dimensi

Variabel Array adalah variabel yang mampu menampung banyak data dengan jenis data yang sama. Hampir seluruh bahasa pemrograman mendukung variabel ini. Array tidak hanya digunakan untuk menampung nilai tetapi juga dapat digunakan untuk menampung Object. Array dalam java berbeda dengan array dalam PHP karena array dalam java hanya dapat menyimpan data dengan tipe data yang sama namun PHP tidak. Bayangkanlah Array adalah sebuah tabel yang setiap kotaknya berisi nilai dan kotak-kotak inilah yang disebut sebagai index array. Apa itu index array ? Index Array adalah id. Index array dimulai dari 0 bukan 1 jadi saat data yang dapat ditampung array berjumlah 5 maka indexnya akan berakhir di angka 4 karena dimulai dari 0. Ciri-ciri array dalam setiap bahasa pemrograman menggunakan tanda [] (kurung siku). Berikut adalah format pembuatan array dalam java :

Object variabelArray[]=new Object[Jumlah data yang dapat ditampung];
variabelArray[index]=value;

Ada banyak cara dalam pembuatan Array, tanda kurung siku tidak hanya dapat ditaruh di depan nama variabel array tapi juga dapat ditaruh dibelakang nama variabel array. Perhatikan program berikut :

String arrayOne[]=new String[5];

String []arrayTwo=new String[5];

String arrayThree[];

arrayThree = new String[5];

Program diatas adalah contoh cara membuat array dalam beberapa cara. Lalu bagaimana cara mengisi array ? Perhatikan contoh program berikut :

String arrayOne[]=new String[5];
arrayOne[0]="One";
arrayOne[1]="Two";
arrayOne[2]="Three";
arrayOne[3]="Four";
arrayOne[4]="Five";
for (int i = 0; i < arrayOne.length; i++) {
  System.out.println("Array ke-" + (i + 1) + " = " + arrayOne[i]);
}

Output :

Array ke-1 = One
Array ke-2 = Two
Array ke-3 = Three
Array ke-4 = Four
Array ke-5 = Five

Perhatikan program diatas, Saya membuat sebuah array dengan data yang dapat di tampung berjumlah 5 kemudian saya isi datanya lalu menampilkannya dengan perulangan for. Demikian tutorial kali ini. Semoga bermanfaat 🙂
Pelajari juga tentang Try Catch Java

Ayo! Segera daftarkan email kamu untuk berlangganan!

Leave a comment