Belajar Perulangan do while Java

Belajar Perulangan do while Java – Ada begitu banyak program dalam pemrograman java namun tidak semua kita pakai dan cukup beberapa fungsi utama program saja yang harus di hafalkan. Ini adalah hal wajib bagi setiap programmer untuk menghafal setiap fungsi dasar pada dunia pemrograman seperti perulangan, pengkondisian, operator dan lain-lain. Hal dasar ini nantinya akan berkembang dengan sendirinya seusai jam terbang kamu menjadi programmer. Dan kali ini saya akan menunjukan bagaimana pemakaian dan memahami perulangan do while dalam java. Perlu kamu ingat, ada beberapa perulangan dalam java seperti for, while dan do while. Dari setiap perulangan tersebut memiliki keunggulan masing-masing dalam mengeksekusi program, jadi kamu harus memahami bagaimana perbedaanya. Pemahaman ini dapat berguna jika mendapat kasus program yang harus memakai perulangan. Misalkan sebuah kasus program yang harus di ulang dengan kondisi tertentu maka disini kamu bisa memanfaatkan fungsi perulangan while.

do while java icaksama

Do while java

Apa itu do while ? do=melakukan dan while=saat. Perulangan do while adalah perulangan yang akan tetap menjalankan program minimal satu kali biarpun kondisi perulangan pada while bernilai false/salah. Perhatikan format penulisan do while berikut :

do {
  //program yang akan di eksekusi
} while(kondisi perulangan);

Bagaimana cara kerja do while ? Cara kerjanya yaitu program yang berada pada bagian do{} akan di jalankan terlebih dahulu sebelum melihat kondisi perulangan. Jadi biarpun kondisi perulangan di dalam while bernilai salah maka baris program akan tetap di jalankan minimal sekali. Apa maksudnya kondisi perulangan bernilai salah ? Perhatikan contoh program berikut :

do {
  System.out.print("Program here!");
} while(100==50);

Output :

Program here!

Coba perhatikan pada bagian 100==50 didalam kurung while, itu adalah kondisi dari perulangan. Kenapa tanda sama dengan di tulis dua kali ? Baca artikel tentang Operator Pembanding Java. Apakah benar 100=50 ? Tidak! untuk itu perulangan tersebut hanya akan dijalankan sekali karena kondisi tersebut bernilai salah. Sekarang coba perhatikan contoh program berikut :

do {
  System.out.print("Program here!");
} while(100==100);

Output :

Program here!
Program here!
Program here!
Program here!
Program here!
Program here!
Program here!
Program here!

Perulangan tidak akan berhenti!

Perhatikan program diatas, program diatas adalah perulangan yang memiliki kondisi perulangan yang selalu bernilai true karena 100=100, jadi saat program dijalankan maka tulisan Progam Here! tidak akan pernah berhenti. Kenapa ? karena tidak ada kondisi yang bernilai salah untuk menghentikan perulangan. Lalu bagaimana caranya ? Perhatikan program berikut :

int loop=1;
do {
  System.out.print("Loop "+loop);
  loop++;
} while(loop<=5);

Output :

Loop 1
Loop 2
Loop 3
Loop 4
Loop 5

Perulangan di atas akan terhenti saat perulangan ke 5. Kenapa ? Perhatikan pada program loop++, program tersebut adalah sebuah teknik increament yang mana saat program di eksekusi maka program akan di tambah dengan 1. Baca artikel tentang .Operator Increment dan Decrement JavaCoba kamu lihat pada int loop=1;, variabel loop di isi dengan nilai awal 1 kemudian pada saat loop++ di panggil pada bagian perulangan sebenarnya menjalankan program loop=loop+1 atau loop=1+1 sehingga loop pada perulangan pertama bernilai 2. Penambahan ini akan terjadi pada perulangnan selanjutnya hingga variabel loop berinilai 5. Demikian tutorial kali ini. Semoga bermanfaat! 🙂

Ayo! Segera daftarkan email kamu untuk berlangganan!

Leave a comment