Belajar Kelas, Tipe Data dan Variabel Java

Belajar Kelas, Tipe Data dan Variabel Java – Ini adalah pembelajaran setelah kamu mengerti bagaimana Pengertian Kelas JavaMemahami kelas, tipe data dan variabel java serta cara pembuatannya adalah hal dasar yang harus kamu mengerti dan hafal di luar kepala untuk menjadi programmer java. Hal terpenting dalam penguasaan program adalah memahami ciri khas dari setiap fungsi program. Seperti pada pembahasan kelas, kita harus mengerti seperti apa ciri khas dari kelas sehingga kita mampu menghafal bagaimana penulisan kelas tanpa harus melihat contoh programnya lagi. Selama saya melakukan pelatihan program, banyak kesalahan yang sering programmer pemula lakukan yaitu mengabaikan hal penting program seperti mengabaikan aturan-aturan dasar dalam pembuatan variabel. Saya harap kamu tetap mengingat aturan penting ini dan pahamilah sesuai pemahaman yang mudah kamu mengerti. Mari ikuti pembahasan dibawah.

Penjelasan Kelas Java

Pembahasan kelas sudah pernah saya bahas sebelumnya. Namun disini saya akan mengurainya kembali secara singkat. Coba kamu lihat program dibawah ini :

public class IcaksamaTutorial {
  //Programs
}

Program diatas adalah contoh penulisan kelas dengan nama IcaksamaTutorial. Terdapat beberapa aturan dalam membuat kelas java :

  1. Nama file .java harus sama dengan nama kelas program. Misalnya pada program diatas nama kelas adalah IcaksamaTutorial, maka nama file harus IcaksamaTutorial.java
  2. Hanya boleh terdapat satu kelas dengan modifier public pada sebuah file .java. Penjelasan Modifier Java
  3. Kelas yang menjadi kelas utama atau kelas yang pertama kali di eksekusi harus memiliki metode public static void main(String[] args)
  4. Nama kelas harus di awali dengan huruf
  5. Nama kelas tidak boleh terdapat karakter unik seperti @, #, %, dan lain-lain kecuali $
  6. Nama kelas tidak boleh mengandung karakter putih atau spasi
  7. Usahakan nama kelas unik dan tidak sama dengan pustaka kelas java (Library Java). Biarpun tidak terjadi error paling tidak dapat mempermudah dalam mencari kelas yang dibuat. Sebagai contoh saya memberikan nama kelas iKalkulator itu berarti saya memberikan inisial i untuk icaksama dalam setiap penamaan kelas.

Penjelasan Tipe Data Java

Tipe data adalah jenis data yang mempunyai batasan nilai dan karakteristik sesuai dengan interprestasi data serta dapat diolah oleh komputer untuk memenuhi kebutuhan dalam pemrograman komputer. Terdapat beberapa tipe data yang ada dalam java yaitu :

Belajar Kelas Tipe data dan Variable Java

Terdapat satu tipe data lagi yang digunakan untuk menyimpan kalimat yaitu String, Namun dalam java String adalah sebuah Object. Kenapa saya mengatakan String itu object ? Lihat pada icon yang diberikan java dibawah ini. icon untuk tipe data berbentuk icon java sedangkan icon untuk Object berbentuk seperti icon surat. Jadi jelas java telah membedakan bahwa String adalah Object. Pembahasan tentang Object akan dibahas pada step Object Oriented Java, ini hanya sekedar pemahaman. Tetap ikuti tutorial step by step 🙂

Belajar Kelas Tipe data dan Variable Java

Belajar Kelas Tipe data dan Variable Java

Penjelasan penggunaan tipe data :

  1. short, int dan long digunakan untuk bilangan desimal
  2. double dan float digunakan untuk bilangan berkoma, penggunaan koma (,) dalam dunia pemrograman diganti dengan titik (.)
  3. char digunakan untuk karakter, pemasukan nilainya harus di apit dengan tanda petik satu (‘) dan hanya untuk satu karakter.
  4. String digunakan untuk kalimat, pemasukan nilainya harus di apit dengan tanda petik dua (“)
  5. boolean digunakan untuk operasi logika, isinya hanya dua nilai yaitu true dan false

Penjelasan Variabel Java

Variabel adalah Container/penampung yang digunakan untuk menampung data sesuai tipe data yang digunakan. Variabel ada dalam kelas atau metode. Seperti kelas dan metode, variabel juga memiliki aturan dalam pembuatannya. Berikut adalah aturan dari penamaan variabel:

  1. Harus diawali dengan huruf
  2. Tidak boleh terdapat karakter unik seperti @, #, % dll
  3. Tidak boleh mengandung karakter putih (spasi, enter, tab)
  4. Tidak boleh terdapat variabel dengan nama yang sama dalam satu kelas/metode

Jika diartikan dalam kehidupan manusia, maka variabel adalah perabotan yang berada dalam rumah. Kelas adalah rumah dan Metode adalah manusianya.

Format Penulisan variabel java :

Tipevariabel namaVariabel;

Contoh penulisan variabel java :

int variabelInteger = 100;
char variabelChar = 'A';

Untuk menambahkan nilai kedalam sebuah variabel dapat menggunakan tanda = (sama dengan), misalnya jika kamu akan menambahkan nilai 100 pada variabel variabelInteger dan pada variabel variabelChar juga dapat ditulis sebagai berikut :

int variabelInteger;
char variabelChar;
variabelInteger = 100;
vaiabelChar = 'A';

Demikian tutorial kali ini, semoga bermanfaat. Banyak hal yang harus kamu mengerti tentang dasar java. Tetap ikuti pembahasan icaksama.com step by step tentang java. Baca tutorial selanjutnya Belajar Operator Java

Ayo! Segera daftarkan email kamu untuk berlangganan!

Leave a comment