Aturan Program Java Netbeans

Dalam pembuatan projek di setiap bahasa pemrograman pasti memiliki aturan tersendiri. Dan kamu harus tahu bahwa setiap bahasa pemrograman entah itu Java, Android, Website, flash, Unity dan lain-lain pasti memiliki konfigurasi untuk menentukan file mana yang akan di eksekusi pertama. Nah! dari file ini baru merujuk ke file-file yang lainnya. Ini logika dasar suatu sistem berjalan, Dan kamu harus mengerti bagaimana aturan project java dalam Netbeans IDE dan hal apa saja yang wajib ada dalam program java. Dengan memahami aturan ini maka kamu akan mengerti seperti apa seharusnya kamu membuat projek java pada Netbeans IDE. Simak baik-baik beberapa pertanyaan berikut!

Aturan Program Java di Netbeans

Aturan-Aturan Program Java

Kelas mana yang pertama kali di eksekusi ?
Saat membuat projek baru pasti akan terbentuk satu kelas secara otomatis. Nah! kelas inilah yang akan  pertama kali di eksekusi. Kelas ini biasanya disebut sebagai Main Class/Kelas Utama.

Bolehkah memberikan nama kelas terserah kita ?
Tidak! Ada aturan dalam pembuatan kelas di java. Baca artikel saya tentang Belajar Kelas, Tipe Data dan Variabel Java

Bagaimana mengubah Main Class jika terdapat banyak kelas dalam project ?
Cara merubah Main Kelas adalah sebagai berikut : Klik kanan project -> Properties -> Run -> Klik tombol Browse pada inputan Main Class -> Pilih kelasnya lalu OK

Apakah setiap kelas dapat dijadikan sebagai Main Class ?
Tidak! Kelas yang dapat dijadikan sebagai Main Class adalah Kelas yang memiliki Method Main/Metode Utama.

Seperti apa Method Main ?
Method Main adalah metode yang wajib ada dalam kelas utama. Jadi setelah Main Kelas ditemukan maka yang selanjutnya akan di eksekusi adalah program yang berada di dalam Method Main. Method Main memiliki format sebagai berikut.

public static void main(String[] args) {
  //Programs
}

Apakah setiap kelas bisa memiliki method main ?
Bisa! tapi tetap kelas yang telah dijadikan Main Class yang akan pertama kali di eksekusi.

Bisakah hanya kelas tertentu saja yang dijalankan ?
Bisa! Caranya adalah kamu harus membuka kelas tersebut lalu tekan SHIFT+F6 atau klik kanan pada File yang ingin di run lalu Run File. Namun, Kelas yang berada dalam file.java ini harus memiliki Method Main.

Bisakah kita membuat method dengan nama yang sama ?
Bisa! tapi harus memiliki parameter yang berbeda. Baca artikel saya tentang Penjelasan Method Java

Pertanyaan-pertanyaan diatas adalah pemahaman yang mendasar dalam membuat aplikasi java di Netbeans IDE. Bagi programmer pemula biasanya akan melakukan kesalahan karena ketidaktahuan aturan dasar dalam pemrograman java. Demikian tutorial kali ini. Semoga kamu mengerti bagaimana aturan dasar dalam pemrograman java.

Ayo! Segera daftarkan email kamu untuk berlangganan!

Comments (1)

Leave a comment