Serasa dalam Game dengan Virtual Reality

Serasa dalam Game dengan Virtual Reality – Ada yang sudah tau yang satu ini ? Virtual Reality! Sebuah terobosan baru dalam dunia teknologi yang mampu membawa manusia seakan akan masuk ke dalam dunia virtual. Dikutip dari wikipedia, Virtual reality (VR) atau realitas maya adalah teknologi yang membuat pengguna dapat berinteraksi dengan suatu lingkungan yang disimulasikan oleh komputer (computer-simulated environment), suatu lingkungan sebenarnya yang ditiru atau benar-benar suatu lingkungan yang hanya ada dalam imaginasi. Lingkungan realitas maya terkini umumnya menyajikan pengalaman visual, yang ditampilkan pada sebuah layar komputer atau melalui sebuah penampil stereokopik, tapi beberapa simulasi mengikutsertakan tambahan informasi hasil pengindraan, seperti suara melalui speaker atau headphone.

icaksama virtual-reality

Alat yang pertama mempelopori virtual reality adalah Ocullus Rift dan tidak lama kemudian telah dikembangkan pula kombinasi dengan teknologi yang lebih canggih yaitu selain kita serasa masuk dalam dunia virtual, kita juga dapat berinteraksi langsung kedalam dunia virtual tersebut layaknya kita benar – benar berada di dalamnya seperti menembak, berkendara, berjalan, berlari dan lain sebagainya. Alat ini bernama Cyberith Virtualizer, sebuah teknologi canggih yang mengabungkan Ocullus Rift. Coba bayangkan, sesuatu hal yang sering kita mainkan di depan layar kini benar-benar bisa kita rasakan secara langsung. Sungguh terobosan teknologi yang luar biasa.

[mom_video type=”youtube” id=”kBpFx-ixBiM”]

Namun alat ini masih terlalu mahal di atas Rp.10.000.000,- dan belum terdistribusi ke seluruh dunia khususnya Indonesia. Dengan mahalnya alat ini maka Google pun memberikan sebuah inisiatif yang lebih murah dengan harga hanya sekitar Rp.300.000,- yaitu Google CardBoard dimana alat ini hanya berupa kardus yang dilengkapi dengan lensa cembung dan memanfaatkan smarphone Android sebagai medianya. Namun, Alat ini hanya dapat digunakan dengan smarphone Android yang hardwarenya telah mendukung fitur Gyroscope. Nah! bagi kalian yang ingin merasakan asiknya virtual reality bisa juga memanfaatkan Google CardBoard sebelum merasakan teknologi dari Ocullus Rift dan Cyberith Virtualizer.

[mom_video type=”youtube” id=”eT9vmpE8WcY”]

Oke! demikian berita teknologi kali ini. Semoga menjadi informasi yang bermanfaat. 🙂

Salam Programmer Jawa!

icaksama

Ayo! Segera daftarkan email kamu untuk berlangganan!

Leave a comment