Mengenal Adobe Flash CS6

Adobe Flash CS6 merupakan versi terbaru dari versi sebelumnya yaitu Adobe Flash CS5. Aplikasi ini memiliki banyak fungsi, seperti pembuatan animasi objek, membuat presentasi, animasi iklan, game, pendukung animasi halaman web, hingga dapat digunakan untuk pembuatan film animasi dan aplikasi android. Banyak kegunannya bukan ? Mesikpun secara keseluruhan memiliki tampilan dan proses kerja yang sama dengan versi sebelumnya, namun pada versi baru ini memiliki beberapa penambahan fitur. Fitur baru dalam Adobe flash CS6 sering sekali dimanfaatkan dalam pembuatan aplikasi android, karena mudahnya membuat animasi dan sangat fleksibel dalam berbagai hal. Berbeda dengan aplikasi editor android lainnya seperti eclipse yang harus menggunakan program untuk membuat animasi seperti di flash. Bagi kamu yang ingin membuat aplikasi android  yang powerful design tapi tidak begitu paham tentang pemrograman java bisa menggunakan aplikasi ini. Mari simak lebih dalam tentang fitur apa saja yang ada di dalam Adobe Flash CS6.

Komponen Adobe Flash CS6

Mengenal Adobe Flash CS 6

Pada saat program Adobe Flash CS6 diaktifkan, maka jendela utama akan muncul. Dimana jendela utama memiliki komponen-komponen yang akan dipakai dalam pembuatan program.Komponen – komponen tersebut, yaitu Menu Bar, Toolbox, Panel Timeline, Stage, Panel Propertise, Panel Actions, Panel Color, dan Panel Library.

  • Menu Bar Adalah baris menu yang terdiri 11 elemen yang utama dan masing-masing memiliki submenu perintah lagi.
  • Timeline Adalah panel untuk mengatur dan mengontrol jalannya animasi Flash yang meliputi kecepatan animasi dan penempatan objek yan akan dibuat.
  • Panel Overview Digunakan untuk mengubah layout area kerja agar dapat disesuaikan berdasarkan kebutuhan dan objek yang akan dibuat.
  • Color Panel Digunakan untuk memberi warna pada objek dan mengatur komposisi warna pada objek yang akan dibuat.
  • Property Inspector Berguna untuk mengatur setting stage, atribut objek, penggunaan filter, hingga mempublikasikan movie flash. Selain itu properties panel juga akan menampilkan informasi ukuran dan posisi objek yang sedang dipilih.
  • Stage Adalah area untuk menempatkan materi animasi, seperti objek gambar, video, teks, maupun tombol.
  • Tool

Mengenal Adobe Flash CS 6

Adalah beragam piranti untuk menyeleksi, menggambar, memberi warna, memodifikasi objek hingga mengatur ukuran tampilan stage.

Berikut ini jenis – jenis tools yang terdapat pada Adobe Flash CS6:

Mengenal Adobe Flash CS 6

 

Sumber:
Madcoms, Adobe Flash Professional CS6 untuk Pemula, Andi Publisher, 2012.
Madcoms, Kupas Tuntas Adobe Flash Profesional CS6, Andi Publisher, Jakarta, 2011.

Ayo! Segera daftarkan email kamu untuk berlangganan!

Leave a comment