Programmer Android dari Eclipse ke Android Studio

Halo sahabat, dari judul artikel ini “Programmer Android dari Eclipse ke Android Studio” saya yakin kamu sudah bisa menebak isi dari artikenya. Ya benar, saya akan membagi satu hal kepada para programmer Android untuk segera melakukan perpindahan IDE dari eclipse ke Android Studio. Artikel ini berbeda dengan artikel saya sebelumnya tentang Eclipse for Android Editor Android Terbaik. Dimana dalam artikel tersebut saya menunjukan Eclipse adalah IDE terbaik untuk Android. Ya memang tidak salah kalau kita melihat dari segi kecepatan, namun kalau melihat dari kelangkapan fitur tetap saja Android Studio yang menang karena IDE tersebut mendapat dukungan penuh dari Google.

icaksama.com android-eclipse

Kenapa saya mengatakan demikian ? karena dalam 4 hari ini saya telah mencoba Android studio dan ternyata fitur-fitur yang ada di dalamnya jauh dari apa yang selama ini saya bayangkan. Android Studio memang lebih lambat tapi untuk fiturnya jauh lebih wow dibanding eclipse.

Dari dulu, saya adalah programmer yang mengutamakan kecepatan dalam developing jadi anggapan saya eclipse lah yang terbaik. Namun sekarang setelah saya mencoba memaksakan diri menggunakan Android Studio membuat saya berubah pikiran. Mungkin jika untuk develop aplikasi standar tanpa banyak fitur tidak masalah menggunakan eclipse namun jika sudah membuat aplikasi yang memiliki banyak fitur saya sarankan gunakan Android Studio.

Entah kenapa google seakan menyarankan secara keras untuk tidak menggunakan Eclipse lagi padahal kita tahu programmer android yang menggunakan eclipse masih banyak. Saya yakin bagi para programmer eclipse sejati awalnya merasa tidak nyaman saat pertama kali memakai Android Studio namun tetap saja sebagai seorang android developer kita harus siap melakukan perpindahan ini.

Artikel ini saya buat untuk meluruskan pemahaman para android developer yang mungkin masih terpengaruh dengan artikel saya yang dulu. Jika kamu telah menguasai eclipse maka tidak terlalu sulit untuk berpindah ke Android Studio namun siapkan komputer yang memiliki spek tinggi dan koneksi internet yang selalu aktif dengan kecepatan maksimal karena error dalam Andriod Studio biasanya sering meminta untuk mengupdate banyak hal dengan file berukuran besar.

Jika semua yang saya sarankan tidak terpenuhi maka saat menggunakan Android Studio harap sedikit bersabar hehe. Oke demikian artikel kali ini, semoga android developer indonesia semakin baik di tahun ini. Salam Programmer

Leave a comment