Penjelasan Direktori Project Android

Setiap projek aplikasi dari berbagai bahasa pemrograman seperti java, website, C++, Phyton dan lain sebagainya pasti memiliki struktur direktori projek yang berbeda begitu juga dengan struktur direktori projek android. Struktur direktori projek Android berbeda dengan struktur direktori dalam Pemrograman JavaPemrograman android memiliki struktur direktori yang lebih komplek dan sangat sensitif jika kamu tidak mengetahuinya. Kesalahan paling sering terjadi pada programmer android pemula adalah kurangnya pemahaman tentang direktori projek android. Berbeda dengan java, Hampir 99% kesahalan paling sering terjadi adalah dalam program namun dalam android susunan direktori, penamaan file atau penempatan file yang salah juga dapat mengakibatkan error, errornya pun terkadang susah untuk di deteksi sehingga banyak programmer pemula menganggap error terjadi dalam program. Mari simak bagaimana penjelasan dari direktori android.

Penjelasan Struktur Project Android

Gambar di atas adalah susunan direktori android yang dibuat di eclipse. Berikut adalah penjelasannya :

  • src : berisi file dan kode-kode java (*.java). Dalam pembuatan activity atau class harus di awali dengan huruf besar dan tanpa spasi.
  • Package/Paket : berfungsi untuk mengelompokkan file .java. Nama paket dalam gambar diatas adalah com.icaksama.tutorialproject.
  • gen : Folder ini berisi file .java yang digenerate otomatis oleh sistem. JANGAN PERNAH MELAKUKAN EDIT PADA ISI FILE DI FOLDER GEN. Karena tiap komponen dalam layout activity atau setiap file yang ada dalam folder res memiliki id khusus yang berbeda yang berada dalam file gen/R.java
  • Android 4.2.2 : Folder berisi target android pada saat runtime atau tipe android yang digunakan dan disesuaikan pembuatan program. 4.2.2 adalah OS Android bertipe Jelly Bean.
  • assets : Folder yang dapat digunakan untuk meletakkan file-file pendukung seperti gambar, video, musik, file HTML, dan lain-lain. File ini nantinya biasanya akan di letakan pada memory Smartphone di folder Android.
  • bin : Folder berisi file class hasil kompilasi atau file .apk tanpa signature.
  • libs : Folder berisi library atau program pendukung. Kawan dapat meletakkan library tambahan di folder ini.
  • res : Folder berisi semua resource yang dibutuhkan aplikasi seperti gambar, layout, menu, dan value. Dari gambar di atas, tidak semua folder tertuliskan di situ seperti raw yang berfungsi untuk meletakan audio. Yang terpenting disini adalah kamu tidak boleh sembarangan memberikan nama folder ataupun file karena nama tersebut nantinya akan dibuat menjadi variable di kelas R.Java, jadi aturan penulisan nama folder dan file harus mengikuti aturan penamaan variabel. Penjelasan Folder res Project Android
  • AndroidManifest.xml : File ini berisi konfigurasi serta aturan pada proyek android. File ini berisi seluruh daftar activity yang kamu buat dalam projek. Disini kamu juga dapat memberikan permission untuk aplikasi tergantung apa saja yang akan dimanfaatkan oleh aplikasi saat di install. contoh Aplikasi memiliki fungsi koneksi internet maka permission untuk menggunakan fitur internet harus diletakan disini.
  • project.properties : Berisi konfigurasi terkait versi target android. Contoh isi baris kode di dalamnya adalah target=android-17

Demikian pemahaman dasar tentang struktur direktori android. Sebagai programmer android kamu harus selalu update mengenai berita terbaru tentang bahasa pemrograman android karena perkembangan ataupun perubahan program android sangat sering terjadi. Jangan lupa baca tutorial selanjutnya di artikel Mengambil Data dari MySql ke Android

Ayo! Segera daftarkan email kamu untuk berlangganan!

Leave a comment