Membuat Splashscreen di Android dengan 2 Cara

Ada yang tau splahscreen ? itu lho yang biasa kamu lihat saat pertama kali membuka aplikasi. Nah kali ini saya akan menunjukan bagimana cara membuat splashscreen di android dengan 2 cara. Cara yang pertama kita menggunakan kelas Thread dan cara yang kedua kita akan menggunakan kelas Handler. Splashscreen bisa dikatakan sesuatu yang wajib ada dalam sebuah aplikasi entah itu platform Desktop ataupun Android dan bahkan belakangan ini juga platform website sudah mulai menggunakannya. Keren bukan ? hehe. Splashscreen biasa digunakan untuk pengenalan sebuah produk atau perusahaan sebagai contoh di game COC. Teng teng teng teng!!!
Jadi jangan sampai kamu tidak tahu untuk membuatnya. Dengan dua cara membuat splashscreen ini, silahkan kamu pilih cara mana yang menurut kamu paling baik.

Membuat Splashscreen di Android dengan 2 cara

Langsung saja kita mulai. Saya asumsikan kamu telah memiliki basic tentang cara membuat New Project di Andoid jadi untuk menerapkan program ini tidak terlalu susah. Namun jika kamu tidak bisa jangan khawatir karena saya telah membuat tutorialnya. Cara Membuat Android di Eclipse. Langsung saja inilah programnya

Splahscreen Android Menggunakan Kelas Thread

Kelas Thread dapat melakukan proses secara independen. Teknik ini sering saya jumpai di aplikasi-aplikasi pada umumnya. Prosesnya bisa kamu lihat dalam program ? Ya, program melakukan perulangan sebanyak 30x dan di setiap melakukan perulangan memanggil method sleep dengan isi 100. Pada perulangan ke 30 program memanggil activity lain dan menghentikan activity splashscreen. Jika di hitung, prosesnya memakan waktu 3000 md atau setara dengan 3 detik.

private Thread Timers = null;
@Override
protected void onCreate(Bundle savedInstanceState) {
  super.onCreate(savedInstanceState);
  setContentView(R.layout.activity_splashscreen);
  Timers = new Thread() {
    @Override
    public void run() {
          try {
            int logoTimer = 0;
            while (logoTimer <= 30) {
              sleep(100);
              logoTimer++;
              if (logoTimer == 30) {
                startActivity(new Intent(getBaseContext(),
                MainActivity.class));
                break;
              }
            }
          } catch (InterruptedException e) {
            e.printStackTrace();
          } finally {
            finish();
          }
    }
  };
  Timers.start();
}

Splahscreen Android Menggunakan Kelas Handler

Ini adalah teknik yang sering saya gunakan pada setiap aplikasi yang saya buat. Programnya jauh lebih simple. Jika dilihat terdapat angka 3000 dalam program, ini menunjukan waktu selama 3 detik. Jadi proses eksekusi  di dalam method run akan dilakukan setelah 3 detik.

@Override
protected void onCreate(Bundle savedInstanceState) {
  super.onCreate(savedInstanceState);
  setContentView(R.layout.activity_splashscreen);
  new Handler().postDelayed(new Runnable() {
    @Override
    public void run() {
      startActivity(new Intent(getBaseContext(), MainMenu.class));
      finish();
    }
  }, 3000);
}

 

Dari program diatas saya yakin kamu akan memilih program yang kedua bukan ? haha. Memang cara kedua lebih simple dibandingkan cara pertama. Namun, tetap saja sewaktu-waktu kita menghadapi kasus yang memaksa kita harus menggunakan cara yang pertama. Jadi jangan sia-siakan semua teknik yaaa, karena setiap teknik mempunyai keunikan masing-masing. Dan jika kamu seorang programmer temukan teknikmu ! Teknik yang menandakan itu adalah program yang kamu buat. Teknik yang mencirikhaskan diri kamu !
Demikian tutorial kali ini. Semoga bermanfaat. Salam Programmer !

Ayo! Segera daftarkan email kamu untuk berlangganan!

Leave a comment