Cara Terbaru Membuat Google API Key Android

Cara Mudah Membuat Google API Key Android – Google API Key adalah kode khusus yang digunakan sebagai kunci untuk mengakses fitur-fitur yang dimiliki google. Kita dapat membuat API Key di halaman Google Developers Console. Menurut pengalaman saya halaman ini telah mengalami perubahan tampilan dalam beberapa bulan ini. Setahu saya halaman ini mengalami 3 kali perubahan design sehingga sangat membingungkan bagi programer pemula karena tutorial yang tersedia di internet masih menggunakan tutorial dengan tampilan yang lama. Kita tahu google adalah perusahaan besar yang menyediakan banyak fitur menarik untuk para netizen ataupun developer yang ingin memanfaatkan fitur yang dimiliki google. Ada banyak fitur yang disediakan oleh google seperti pada gambar berikut :

Api Key Google

 

Saat kita akan membuat aplikasi android, website atau apapun yang memanfaatkan fitur yang dimiliki google maka kita diharuskan mendaftarkannya ke Google Developers Console sehingga kita memperoleh sebuah API Key yang nantinya digunakan dalam aplikasi kita. Jadi intinya API Key ini adalah sebuah kunci yang digunakan untuk membuka akses dari aplikasi kita ke fitur yang dimiliki google. Dari banyaknya fitur tersebut, Saya hanya akan mencontohkan bagaimana cara mendapatkan API Key untuk Android. Sebenarnya artikel ini berhubungan dengan artikel Cara Mudah Membuat Maps GPS Android.

API Key yang akan kita buat nanti sebenarnya tidak hanya bisa digunakan untuk memanfaatkan aplikasi maps di android. Namun bisa digunakan untuk menggunakan fitur google yang lain. Jadi jangan salah mengambil kesimpulan kalau API Key ini hanya dapat digunakan untuk membuat Maps di Android 🙂 Mari ikuti langkah langkahnya :

Langkah 1
Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah membuat email gmail agar dapat masuk ke akun Google Developers Console. Setelah email siap, silahkan masuk ke Google Developers Console

Langkah 2
Buat project baru dengan cara klik Create Project dan masukan nama projectnya – lalu Create
Setelah project berhasil dibuat sekarang kamu klik projectnya kemudian akan keluar halaman seperti berikut :

Google Developers Console

Saya telah lama menggunakan project ini bahkan sebelum tampilan Google Developers Console berubah, jadi jangan bingung dengan gambar grafik diatas. Lanjut saja pada langkah berikutnya.

Langkah 3
Masuk pada menu APIs & auth – APIs. Akan terlihat halaman sebagai berikut :

Api Key Google

 

Pada ketegori Google Maps APIs pilih Google Maps Android API maka akan menuju ke halaman baru. Silahkan kamu klik tombol Enable API di pojok kiri atas. Sampai disini berarti kita telah mengaktifkan fitur Google Maps untuk kita akses. Lakukan klik Enable API pada fitur yang lainnya sesuai kebutuhan aplikasi yang akan kita buat.

Langkah 4
Sekarang saatnya kita buat API Key, Pilih menu Credentials di menu kiri lalu klik tombol Create New KeyAndroid Key

Create Google API Key

 

Nah! sampai disini kita membutuhkan sebuah kode SHA1 dari Keystore dan nama package aplikasi yang kamu buat. Silahkan baca artikel tentang Cara Singkat Mendapatkan Kode SHA1 Android

Langkah 5
Setelah kode SHA1 dan package aplikasi didapatkan, sekarang saatnya kita membuat API Keynya. Buka kembali halaman Google Developers Console lalu masukan kode SHA1 dan nama package aplikasinya dengan dibatasi tanda titik koma (;) seperti kode dan gambar berikut : “45:B5:E4:6F:36:AD:0A:98:94:B4:02:66:2B:12:17:F2:56:26:A0:E0;icaksama.com.tutorial

Create API Key icaksama

 

Lalu klik Create. Dan! Selamat api key telah berhasil dibuat.

Api key icaksama

API Key yang telah kita buat ini dapat kita manfaatkan pada aplikasi android yang kita buat dimana aplikasi android yang kita buat nanti dapat memanfaatkan fitur-fitur yang di miliki google sesuai fitur yang telah kamu aktifkan pada langkah ke 3. Terdapat banyak fitur yang di sediakan google, jadi jangan hanya menggunakan fitur maps untuk aplikasi yang kamu buat. Kembangkan aplikasi kamu untuk fitur google yang lainnya.
Demikian tutorial kali ini. Semoga bermanfaat 🙂
Baca juga artikel Cara Mudah Membuat Maps GPS Android.

Ayo! Segera daftarkan email kamu untuk berlangganan!

Leave a comment