Cara Setting Environment Variables Android

Environment Variables adalah lingkungan variabel yang menyimpan alamat direktori. Fungsi dari environment variabel adalah untuk mengakses file yang berada dalam suatu direktori tanpa harus memasukan ulang alamat direktorinya. Sebagai contoh saat kamu ingin memanggil file “abc.exe” dalam folder D:\def\ghi\ dari command prompt maka penulisannya hanya abc.exe bukan D:\def\ghi\abc.exe. Teknik ini saya manfaatkan pada saat kita akan memanggil file adb dari sdk android maka kita tidak perlu lagi memasukan alamat direktori adb pada command prompt karena alamat direktori adb sudah terekam di sistem operasi. Artikel ini berhubungan dengan artikel sebelumnya tentang Cara Konfigurasi Eclipse for Android dengan Emulator AndroVM. Mari simak bagaimana langkah-langkah dalam seting environment variabel.

Langkah 1
Setelah Eclipse for Android kamu download kemudian di extract maka terlihat seperti gambar berikut :

Cara Setting Environment Variable Android

Langkah 2
Masuk ke folder sdk\platform-tools. Kemudian copy alamat direktorinya.
Contoh : D:\SOFTWARES\Program Android\ADT Baru\adt-bundle-windows-x86-20130522\sdk\platform-tools

Langkah 3
Klik kanan disk C: -> Properties -> Klik Advanced System Setting -> Environment Variables

Cara Setting Environment Variable Android

Langkah 4
Pada System Variables pilih variable bernama Path lalu klik edit. Masukan direktori yang telah kamu copy pada bagian paling akhir dari inputan variable value dengan menaruh titik koma (;) terlebih dahulu. Lihat Gambar berikut :

Cara Setting Environment Variable Android

 

Setelah semuanya selesai kemudian klik OK. Dengan demikian alamat direktori dari adb sdk sudah di daftarkan pada sistem operasi windows dan seterusnya kita hanya memasukan nama filenya saja saat memanggil file adb tersebut. Baca tutorial yang berhubungan. Cara Konfigurasi Eclipse for Android dengan Emulator AndroVM

Ayo! Segera daftarkan email kamu untuk berlangganan!

Leave a comment