Cara Konfigurasi Eclipse dengan Emulator AndroVM

Banyak emulator android yang dapat di koneksikan dengan eclipse seperti emulator dari sdk android ataupun emulator dari pihak ketiga seperti bluestack dan genymotion. Namun, pada artikel kali ini saya akan menunjukan bagaimana cara mengkonfigurasi atau mengkoneksikan eclipse dengan emulator androVM yang kita miliki. Jadi nantinya saat aplikasi atau projek pada eclipse di run maka secara otomatis akan di jalankan pada emulator androVM yang kita miliki. Emulator AndroVM adalah emulator tercepat versi icaksama.com yang memanfaatkan aplikasi virtual box untuk membuat virtual OS android. Jadi bagi kamu yang ingin menggunakan emulator ini, saya sarankan baca lebih dahulu tutorial berikut :

  1. Eclipse for Android, Editor Android Terbaik
  2. Emulator Android Terbaik dan Super Cepat

Emulator ini memanfaatkan file adb dari sdk android sehingga dapat terkoneksi ke emulator androVM. Pengkoneksian menggunakan aplikasi command prompt dengan menuju ke ip emulator AndroVM yaitu 192.168.56.101. Sedangkan ip virtual box berbeda dengan ip emulator yaitu 192.168.56.1. Lebih jelasnya mari simak langkah konfigurasi di bawah ini.

Langkah 1
Setelah Eclipse Adt-Bundle dan Emulator AndroVM siap, sekarang saatnya kamu buka Eclipse, lokasinya di dalam folder eclipse di direktori eclipse-adt-bundle lalu cari file bernama “eclipse.exe” dan klik dua kali. Jangan lupa install JDK terlebih dahulu karena eclipse berjalan dalam lingkungan java, sesuaikan versi JDK dengan versi eclipse kamu, sebagai contoh jika versi eclipse 32bit maka JDK juga harus versi 32bit.  Jika kamu belum punya JDK bisa kamu download disini. Untuk instalasi JDK tidak perlu saya jelaskan karena caranya cukup mudah.

Setelah terinstall, sekarang masukan alamat direktori adb dari SDK android kedalam “Environment Variable“. Ini bertujuan untuk mempermudah pengkoneksian di kemudian hari tanpa harus menulis ulang alamat direktori dalam command prompt. Silahkan baca Cara Memasukan Folder SDK ke Environment Variable

Langkah 2
Setelah semuanya siap, jalankan Emulator AndroVM dan buka Command Prompt. Untuk menjalankan emulator sudah saya jelaskan pada tutorial sebelumnya, sedangkan untuk membuka comman prompt silahkan klik start pada windows kamu dan cari aplikasi bernama “cmd” lalu enter. Ketiga aplikasi ini (Eclipse, Emulator dan Command Prompt) wajib dibuka dan jangan pernah ada yang di tutup saat membuat program android.

Cara Konfigurasi Eclipse dengan Emulator AndroVM
Buka semua aplikasi

Langkah 3
Masukan kode berikut ke dalam command prompt untuk mengkoneksikan Eclipse dengan Emulator AndroVM.

[code]adb connect 192.168.56.101[/code]

Ada beberapa kasus kode di atas tidak berjalan di command prompt, Alasannya karena command prompt membutuhkan permission untuk mengoperasikan kode tersebut. Jika terjadi hal yang demikian, kamu tutup command promptnya lalu buka kembali dengan cara klik kanan lalu “Run As Administrator”. Jika berhasil maka hasilnya akan seperti ini :

Cara Konfigurasi Eclipse dengan Emulator AndroVM
Status sukses koneksi eclipse dengan emulator androVM

Jika status berhasil connected, itu berarti koneksi antara eclipse dengan emulator AndroVM berhasil. Lakukan hal yang sama saat kamu membuat aplikasi di eclipse. Baca tutorial selanjutnya tentang cara membuat dan menjalankan aplikasi pada emulator androVM pada artikel Cara Membuat Aplikasi Android di Eclipse

Ayo! Segera daftarkan email kamu untuk berlangganan!

Leave a comment